Alhamdulillah, NU punya peran besar dan akan terus berkontribusi dalam membangun negeri ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hingga Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam agenda pembukaan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas-Konbes NU) 2023 di Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Senin.

"Alhamdulillah, NU punya peran besar dan akan terus berkontribusi dalam membangun negeri ini," ujar Erick Thohir saat mendampingi Presiden Jokowi di Pondok Pedantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.

Erick Thohir menilai pemerintah mendukung langkah NU dalam meningkatkan kualitas umat. Umat Islam di Indonesia sudah sepantasnya dapat menjadi motor penggerak dalam pertumbuhan ekonomi hingga sosial bagi masyarakat Indonesia.

Erick Thohir mengatakan BUMN konsisten untuk bersinergi dengan program keumatan bersama NU untuk mewujudkan kekuatan utama Indonesia menjadi negara yang maju.

Baca juga: Presiden dukung Gerakan Keluarga Maslahat sebagai wadah konsolidasi NU

"NU punya dampak besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi keumatan. Untuk itu BUMN pun selalu bekerja sama dengan NU dalam mendorong kemandirian umat, baik dari pondok pesantren hingga menciptakan santripreneur baru," ucap Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampak mengenakan busana putih, sementara Presiden Jokowi hadir dengan mengenakan baju Muslim berpadu jas hitam dan sarung.

Erick Thohir yang juga anggota kehormatan Banser berdialog akrab dengan sejumlah petinggi dan kader PBNU di sela-sela acara tersebut, seperti Ketua Umum PBNU Yahya Cholil, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menko Polhukam Mahfud Md.

Baca juga: Presiden Jokowi membuka Munas-Konbes NU 2023

Acara pembukaan Munas-Konbes NU 2023 menjadi panggung pertemuan tokoh-tokoh nasional.

Selain Erick, sederet tokoh tampak mendampingi Presiden Jokowi, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholill Qoumas, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Selain itu ada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Munas Alim Ulama dan Konbes NU digelar 18-20 September 2023 di Pondok Pesantren Al-Hamid dan Asrama Haji Jakarta Timur. Adapun tema yang diangkat dalam forum ini adalah "Mendampingi Umat, Memenangi Masa Depan." Kegiatan itu diikuti oleh seluruh pengurus PWNU, ulama sepuh, dan para pengasuh pesantren di lingkungan NU.

Usai dibuka oleh Presiden Jokowi, agenda dilanjutkan dengan rangkaian sidang pleno yang dibagi ke dalam sidang-sidang komisi. Beberapa agenda yang akan dibahas di dalam Munas, antara lain terkait dengan tema-tema kemasyarakatan yang dilihat dan ditinjau dari perspektif agama.

Baca juga: PBNU kukuhkan Jokowi jadi pengampu Gerakan Keluarga Maslahat NU

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023