Valletta (ANTARA) - Pejabat senior China dan Amerika Serikat menggelar sejumlah putaran pertemuan di Malta pada Sabtu (16/9) dan Minggu (17/9) dan sepakat mempertahankan pertukaran tingkat tinggi dan mengadakan konsultasi tentang sejumlah isu Asia Pasifik, urusan maritim, serta kebijakan luar negeri.

Pertemuan tersebut dilakukan antara Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis China, Wang Yi, dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.

Wang menekankan isu tentang Taiwan adalah garis merah pertama yang tidak boleh dilewati dalam hubungan China-AS dan AS harus mematuhi tiga komunike bersama China-AS, serta menghormati komitmennya untuk tidak mendukung "kemerdekaan Taiwan."

Kedua pihak melakukan komunikasi strategis yang jujur, substantif, dan konstruktif tentang stabilisasi dan peningkatan hubungan China-AS.

Wang menuturkan pembangunan China memiliki kekuatan pendorong internal yang kuat dan mengikuti logika sejarah yang tak terelakkan, dan hal itu tidak dapat dihentikan.

Hak sah yang dimiliki masyarakat China atas pembangunan tidak dapat dirampas, imbuhnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023