Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru secara resmi melantik tujuh penjabat (Pj) bupati dan wali kota di Griya Agung, Kota Palembang, Senin.

Masing-masing Pj tersebut, yaitu Fauzan Khoiri sebagai Pj Bupati Empat Lawang, Lusapta Kurnia Yudha sebagai Pj Walikota Pagaralam, Ratu Dewa sebagai Pj Wali Kota Palembang, Ahmad Rizali sebagai Pj Bupati Muara Enim, Hani Sopiar Rustam sebagai Pj Bupati Banyuasin. Lalu, Trisko Defriyansa sebagai Pj Wali Kota Lubuklinggau, dan Elman sebagai Pj Wali Kota Prabumulih.

Deru menyampaikan pesan kepada Pj bupati dan wali kota yang dilantik dan kini menjabat itu menjadi tiga unsur pemimpin yaitu pemimpin pemerintahan, pembangunan dan masyarakat.

Kemudian, bersikap santun kepada masyarakat. Sebab, setelah menjabat para penjabat akan kembali lagi menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Saya minta betul harus bersikap santun pada masyarakat. Kalau dalam bahasa jawa itu ojo dumeh. Ingat bahwa saudara- saudara akan kembali ke habitatnya menjadi ASN maka legasi yang ditinggalkan adalah harus yang kebaikan-kebaikan," katanya.

Menurut dia, tantangan yang paling berat dihadapi adalah tahun politik yakni pilpres dan pilkada, maka dari itu Pj yang baru dilantik bertindak tegas, cerdas dan tetap sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Berkoordinasi dengan forkompinda, kamtibmas, pertahanan negara, penegakan hukum yang harus berjalan sedemikian rupa kestabilan politik di tempat masing-masing," ujarnya.

Lalu, Pj bupati dan wali kota itu juga harus berhadapan dengan pekerjaan rumah yang saat ini belum tuntas, yaitu upaya penurunan stunting, angka kemiskinan, dan lainnya.

"Termasuk juga pembangunan di daerah eks transmigrasi. Pembangunan di wilayah ini adalah tanggung jawab bersama tanpa melihat di bawah wewenang siapa. Pj bupati dan wali kota ini harus tinggalkan warisan atau legacy saat kembali lagi menjadi ASN," ujarnya.

Selain itu, Deru juga mengucapkan terima kasih kepada para bupati dan wali kota sebelumnya atas dedikasi dan pembangunan di masing-masing wilayah yang mereka pimpin.

"Saya ucapkan terima kasih begitu besar jasa bapak-bapak ini untuk memberikan tenaga pikiran dan waktu untuk melayani masyarakat di masing masing daerah," kata dia.

Baca juga: BNPB: Gempuran bom air jinakkan karhutla di Ogan Komering Ilir
Baca juga: Hutama Karya: Tol Trans Sumatera hidupkan UMKM di Lampung dan Sumsel
Baca juga: Satgas karhutla tambah posko siaga di OKI Sumsel
Baca juga: Bulog Sumsel Babel salurkan 28.600 beras SPHP ke pasar

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023