Nanti akan akan dibangun shelter yang terintegrasi dengan transportai kereta api Tangerang-Jakarta.
Tangerang (ANTARA) - Direktur Perumda Pasar Kota Tangerang Titien Mulyati mengatakan revitalisasi Pasar Anyar Tangerang, Banten mendukung pengembangan pariwisata lokal, yakni terintegrasi dengan moda transportasi sehingga mengurangi potensi terjadinya kemacetan.

"Nanti akan akan dibangun shelter yang terintegrasi dengan transportai kereta api Tangerang-Jakarta. Lalu di tembok pasar dibuat desain mural, sehingga memikat wisatawan. Jadi pasar tidak hanya berbelanja sayur, tapi juga untuk menjadi destinasi pariwisata,” kata Titien, di Tangerang, Senin.

Ia mengungkapkan, Pasar Anyar yang memiliki luas 2,4 hektare akan direvitalisasi tetap dengan tiga lantai dengan ketersediaan kios dan los sebanyak 1.672 unit.

Pada lantai satu akan diperuntukkan untuk kios dan los produk basah, seperti sayur, daging, ikan, sembako, dan lainnya. Pada lantai dua, akan diperuntukkan kios dan los kering, seperti aksesoris, pakaian, emas, dan lainnya. Di lantai dua juga akan dilengkapi dengan tenant area komersial dan spot pelayanan publik milik Pemkot Tangerang.

Sedangkan pada lantai tiga akan dilengkapi dengan sarana olahraga, yaitu badminton, masjid, dan kantin. Kemudian, sejumlah area di Pasar Anyar Tangerang juga akan ditata menjadi ruang terbuka hijau untuk menghadirkan kenyamanan, keasrian, dan kesejukan dalam aktivitas berbelanja.

"Pasar Anyar Tangerang akan hadir menjadi pasar tradisional yang modern, sehingga bisa memberikan kenyamanan untuk pedagang dan juga pengunjung. Terlebih, keberadaan Pasar Anyar Tangerang bisa bersaing dengan perbelanjaan modern yang tengah menjamur," ujarnya pula.

Tak hanya itu saja, Pasar Anyar Tangerang juga menghadirkan layanan pemerintah yang bisa diakses langsung di lokasi. Sehingga revitalisasi Pasar Anyar Tangerang tidak hanya berdampak kepada transaksi ekonomi saja, namun juga kepada pengembangan pelayanan dan wisata. "Penataan akan dibuat lebih modern," ujarnya lagi.
Baca juga: 70 persen pedagang di pasar anyar terapkan pembayaran non tunai
Baca juga: Pedagang Pasar Anyar Tangerang pindah ke lima lokasi saat revitalisasi

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023