Manado (ANTARA) - TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Australia (RAAF) gelar latihan bersama (Latma) dengan sandi Elang Ausindo 2023, di Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, 18-27 September 2023.

Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mudjib, di Manado, Senin, mengatakan pada latihan bersama itu TNI AU dan Royal Australian Air Force (RAAF) melibatkan sejumlah pesawat tempur.

"RAAF melibatkan enam pesawat tempur F-35 sementara dari TNI AU melibatkan enam F-16 dari skuadron 3. Selain itu juga melibatkan beberapa pesawat pendukung lainnya yang tergabung dalam latihan bersama itu," kata dia, usai pembukaan Latma Elang Ausindo 2023.

Dia mengatakan, latihan bersama ini untuk meningkatkan profesionalisme para penerbang baik dari TNI AU maupun dari RAAF.

Kita berbagi pengetahuan, pengalaman, kemudian sama-sama melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan bagaimana kita dalam mengamankan wilayah udara.

"Disamping itu, sarana untuk meningkatkan hubungan bilateral, hubungan baik antara Australia dengan Indonesia," katanya.

Atase Udara Australia untuk Indonesia Captain Ken Bowes mengatakan pada latihan bersama ini, RAAF membawa pesawat F-35.

"Ini pertama kami bawa F-35 ke Indonesia," kata dia.

Dia berharap melalui kegiatan ini kemitraan akan semakin erat serta latihan bersama semakin kompleks.

Pada pembukaan Latma Elang Ausindo tersebut, ditandai penyematan tanda latihan kepada dua personel masing-masing dari TNI AU dan Angkatan Udara Australia oleh Marsma TNI Muhammad Mudjib dan Captain Ken Bowes.
Baca juga: TNI AU- RAAF gelar latihan bersama AUSINDO di Manado
Baca juga: TNI AL pastikan modernisasi alutsista
Baca juga: Kasau dan Kepala Staf AU Australia membahas peluang perkuat kerja sama

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023