Masyarakat tidak perlu lagi melewati Kota Kayuagung, Kabupaten OKI untuk menuju OI dan Palembang, Sumsel.
Martapura (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meresmikan jalan penghubung Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dengan Ogan Ilir yang dibangun sejak tahun 2019.

"Alhamdulillah akses Jalan Cempaka OKU Timur-Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir (OI) telah resmi dibuka," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, di Martapura, Kabupaten OKU Timur, Senin.

Gubernur Sumsel itu mengatakan, pembangunan jalan sepanjang 68 kilometer itu dibangun untuk mempersingkat waktu perjalanan dari Kabupaten OKU Timur ke OI maupun sebaliknya.

Dengan dibukanya akses jalan baru ini, masyarakat tidak perlu lagi melewati Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk menuju OI dan Palembang.

"Setidaknya dengan dibukanya akses jalan ini dapat mempercepat mobilitas pengendara dengan selisih waktu sekitar satu jam dibandingkan melewati Kota Kayuagung," katanya pula.

Proyek pembangunan jalan ini dibangun menggunakan dua sumber dana, yaitu Bantuan Gubernur Bersifat Khusus (Bangubsus) tahun anggaran 2019-2023 senilai Rp759.850.000.000 dan APBD Rp758.607.029.592.

Herman Deru berharap dengan selesainya pengerjaan pembangunan jalan tersebut dapat memacu semangat masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di daerah masing-masing.

"Karena jalan ini dapat mempercepat pertukaran komoditas, pengiriman hasil pertanian dan perdagangan serta menghemat biaya operasional," ujarnya.

Kepala Dinas PUBM-TR Provinsi Sumsel M Affandi menjelaskan bahwa pembangunan jalan ini merupakan proyek jalan baru yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

"Dengan dibangunnya jalan ini merupakan bukti nyata upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan di wilayah Sumsel," ujar dia lagi.
Baca juga: Jembatan ambruk di OKU akan dibangun baru
Baca juga: Pemprov Sumsel bangun jalan dan jembatan penghubung antarkabupaten

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023