"Buah srikaya buah pepaya, kita berpisah untuk sementara,"
Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Bupati Tulungagung Maryoto Birowo memberi isyarat untuk maju lagi dan ikut berkontestasi dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Buah srikaya buah pepaya, kita berpisah untuk sementara," ucap Bupati Maryoto Birowo berpamitan kepada jajaran ASN dalam kegiatan apel pagi di depan kantor Pemkab Tulungagung, Jawa Timur, Senin.

Pantun yang disampaikan Maryoto sontak memantik spekulasi isu pencalonannya kembali dalam bursa pilkada tahun depan.

Namun mantan kepala dinas pendidikan ini tidak secara tegas menyatakan arah politiknya pada pemilu serentak 2024, khususnya dalam konteks pilkada.

Sembari berseloroh ia menjawab pertanyaan wartawan dengan mengatakan bahwa setiap perpisahan pasti ada (momentum) pertemuan lagi.

"(Soal pilkada) itu urusan nanti. Belum, belum," ucap Maryoto dengan mimik terkekeh.

Jawaban berbeda disampaikan Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo yang tegas menyatakan akan ikut berkontestasi dalam Pilkada 2024.

"Yang jelas saya kader partai dan saya tegak lurus dengan partai, apapun yang diamanatkan oleh partai akan saya laksanakan," kata Gatut.

Pengusaha bahan bangunan itu mengatakan masih menunggu akhir masa jabatan, sembari menunggu kode dari partai PDIP, partai tempatnya berorganisasi politik.

Gatut mengaku belum bisa menjelaskan langkah detail rencananya dalam kontestasi pilkada. Ia berdalih takut "off side" jika melangkah (berkampanye) sekarang.

Gatut katakan selepas habis masa jabatannya, dirinya akan menghabiskan waktu bersama keluarga dan berencana umroh bareng.

Terakhir keduanya berpesan pada ASN agar tetap bekerja dengan baik siapapun pemimpinnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023