Shanghai (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan ketakjubannya saat melaksanakan shalat di Masjid Pudong Shanghai yang berlokasi di pinggir jalan besar.

"Saya melihat masjid ini bagus, bersih dan berada di pinggir jalan besar, bukan di pojokan," kata Wapres Ma'ruf Amin di Masjid Pudong Shanghai, China, Senin.

Wapres berada di Masjid Pudong Shanghai ini seusai menghadiri "Pertemuan Wapres RI dengan Perwakilan LPPOM MUI dan Pengusaha Sektor Halal di Tiongkok".

Pertemuan tersebut berlangsung di kantor LPPOM MUI China yang juga menjadi kantor Shanghai Al-Amin Consultant, salah satu anak perusahaan Shanghai Al-Amin Biotech Co. Ltd.

"Kita harapkan ke depan bukan hanya sertifikasi halal makanannya tapi kehidupan mereka sebagai Muslim misalnya menjalankan agamanya bisa juga memperoleh kesempatan yang terbuka," ungkap Wapres.

Wapres menilai Pemerintah China menjaga kebebasan masyarakat untuk melaksanakan agamanya.

"Saya melihat di China ini sudah mulai diberikan kebebasan untuk memeluk agama. Bahkan di tempat pertemuan makan malam itu ada pagoda, ada gereja, ada masjid di tempat jamuan makan dengan pemimpin-pemimpin negara ASEAN. Artinya mereka menunjukkan di sini agama juga bahkan agama Islam bisa berkembang, bahkan mengundang saya ke Xinjiang, ke Uighur," katanya.

Menurut laporan yang ia terima, Wapres menyebut saat shalat Jumat, jemaah cukup penuh.

Sayangnya, kata Wapres, di Masjid Pudong Shanghai ini, belum ada pengajian anak-anak. Anak-anak mengaji di rumah-rumah dan diajarkan orang tua mereka masing-masing.

Baca juga: Wapres Ma'ruf: China dari dulu jadi tempat menuntut ilmu

"Namun saya melihat di sini bersih, nyaman untuk shalat dan tempatnya bukan di tempat umum di tepi jalan, strategis. Tempat wudhunya juga malah dilapisi kayu atasnya. Suasananya sangat bersih. Shalat nyaman, enak," kata Wapres.

Sebagai informasi, Masjid Shanghai Pudong dibangun pada 1935 dan diperluas pada 1984. Masjid yang terletak di dekat Jalan Dongshang,  Distrik Pudong, ini menawarkan akses mudah bagi umat Islam di Shanghai dan sekitarnya yang ingin melaksanakan shalat berjamaah.

Masjid ini memiliki ruang shalat, ruang imam, dan aula khutbah yang besar, dengan menara setinggi 36 meter berdiri tegak di bagian luarnya. Adapun luas area keseluruhan masjid mencapai 1.650 meter persegi.

Baca juga: Wapres ingin pebisnis China tak ragu investasi produk halal di RI

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2023