Beijing (ANTARA) - China akan mengadakan siaran langsung daring perkuliahan keempat dari stasiun luar angkasa Tiangong pada Kamis (21/9) pukul 15.45 Waktu Beijing atau 14.45 WIB, demikian diumumkan Badan Antariksa Berawak China (CMSA) pada Senin (18/9).

Perkuliahan tersebut akan disampaikan oleh para astronaut Shenzhou-16 yakni Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao.

Menurut CMSA, perkuliahan mendatang itu, merupakan keempat dari seri "Tiangong Class", akan diselenggarakan sebagai interaksi antariksa-Bumi antara kru di luar angkasa dan kaum muda di Bumi.

Para astronaut akan menunjukkan dan memperkenalkan suasana kerja serta kehidupan mereka di modul laboratorium Mengtian di stasiun luar angkasa Tiangong.

Mereka akan mendemonstrasikan sejumlah eksperimen seperti eksperimen api berbentuk bola (spherical flame) dan "tenis meja", serta eksperimen yang menunjukkan hukum kekekalan momentum.

Para astronaut juga akan mengajak audiens untuk bersama-sama melakukan eksperimen guna mengeksplorasi misteri alam semesta dan mengidentifikasi perbedaan antara eksperimen di Bumi dan di luar angkasa, ujar CMSA.

Sebagai laboratorium antariksa nasional China, stasiun luar angkasa Tiangong memainkan peran penting dalam edukasi dan popularisasi sains.

Para kru astronaut Shenzhou-13 dan Shenzhou-14 telah memberikan tiga perkuliahan "Tiangong Class" yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023