Shanghai (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin yakin investor dari China akan menyambut sejumlah langkah kemudahan yang disediakan pemerintah Indonesia saat mereka berinvestasi di Tanah Air.

"Saya kira pemerintah secara umum telah menyiapkan iklim investasi yang kondusif. Seperti kita ketahui, investor termasuk dari Tiongkok dan dari regulasi juga sudah dilakukan penyederhanaan dan harmonisasi melalui UU Cipta Kerja," kata Wapres Ma'ruf Amin di Shanghai, China pada Selasa.

Wapres Ma'ruf menyampaikan hal tersebut seusai bertemu dengan Wali Kota Shanghai Gong Zheng di Xijiao Conference Center, Xijiao State Guest Hotel No 7 Shanghai selama sekitar 30 menit.

"Termasuk kebijakan insentifnya baik fiskal maupun nonfiskal dan juga sudah menyiapkan platform ekologi yang memudahkan jalan investor," lanjut Wapres.

Khusus untuk sektor industri halal, Indonesia sudah menyiapkan sebanyak tiga kawasan Indonesia halal yang saat ini terletak di Sidoarjo, Bintan dan Serang.
Baca juga: Wapres ingin pebisnis China tak ragu investasi produk halal di RI

"Saat ini juga pemerintah sudah berupaya memberikan insentif yang baik dengan memproses pembentukan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) jadi KIH (Kawasan Industri Halal) itu kita jadikan sebagai bagian dari KEK. Jadi ada kemudahan-kemudahan dan Perdana Menteri Li Qiang juga menyampaikan dorongan bagi pengusaha Tiongkok berinvestasi di Indonesia di sektor industri halal," jelas Wapres.

Dalam kunjungan ke tiga kota Fuzhou, Nanning dan Shanghai, Wapres menyebut pelaku industri halal memang berminat berinvestasi ke Indonesia.

"Dan tadi juga saya katakan Wali Kota Shanghai setelah tahu potensi halal kita besar mereka juga akan mengarahkan pedagangannya ke industri halal dan BKPM sendiri sudah siap untuk memberikan fasilitas bagi calon investor yang memang memiliki komitmen kuat untuk berinvestasi di Indonesia," tambah Wapres.

Wapres juga menyebut pemerintah sedang menyiapkan tim untuk bagaimana agar investor-investor industri halal itu dapat segera berinvestasi di Indonesia.

"Dan kantor wakil presiden juga akan ikut membantu andaikata terjadi kesulitan-kesulitan bagi investor di Indonesia. Tadi malam juga selain saya bertemu dengan masyarakat, ada dua pengusaha besar sudah menanamkan pabrik semen di Indonesia. Sudah ada tiga lokasi di Jember, Kalimantan Timur dan juga sedang diproses di Aceh. Dan ini ternyata pabrik semen nomor tiga terbesar di Tiongkok, nomor lima di dunia," ungkap Wapres.

Selain itu, Wapres juga bertemu dengan pengusaha di bidang solar panel untuk membangun transformasi energi di Indonesia.

Baca juga: Wapres tegaskan komitmen Indonesia fasilitasi investasi China
Baca juga: Luhut harap investasi Xinyi China tidak lepas karena konflik Rempang

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023