Ada begitu banyak pembangunan dan investasi di Labuan Bajo sehingga perlu sumber daya manusia (SDM) yang siap...
Kupang (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) memperkuat kapasitas pemandu geowisata agar memiliki kompetensi dan keahlian untuk memberikan pelayanan prima bagi para tamu yang berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Ada begitu banyak pembangunan dan investasi di Labuan Bajo sehingga perlu sumber daya manusia (SDM) yang siap untuk dapat mengimbangi berbagai perkembangan yang begitu cepat," kata Kepala Divisi Investasi-BPOLBF, Jaques Marbun dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa.

Labuan Bajo merupakan salah satu daerah pariwisata yang memiliki destinasi geowisata diantaranya Gua Batu Cermin, Gua Rangko, serta destinasi bentangan alam lain.

BPOLBF pun menyadari bahwa potensi pariwisata di Labuan Bajo yang berkembang sangat pesat itu harus diimbangi dengan kualitas yang mumpuni dari sumber daya manusia pariwisata yang ada untuk memberikan layanan yang prima.

Oleh karena itu, BPOLBF telah melatih para pemandu geowisata untuk memiliki kompetensi dan sertifikasi.

Jaques mengatakan pelatihan kepada pemandu geowisata telah berlangsung pada tanggal 14-15 September 2023 lalu.

Pelatihan itu juga dimaksudkan untuk menangkap peluang serta persiapan SDM unggul untuk melengkapi berbagai kebutuhan pembangunan daerah baik yang telah dilakukan pemerintah maupun investor di Labuan Bajo.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreratif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut mengatakan seorang pemandu geowisata harus memiliki tiga kompetensi yaitu ilmu atau pengetahuan tentang destinasi, skill, dan attitude atau perilaku.

Oleh karena itu ia berharap upaya BPOLBF untuk memperkuat pemandu geowisata di Labuan Bajo dapat memberi masukan pengetahuan tentang geologi kepada para pemandu.

"Kita harus memiliki kompetensi untuk bisa berkompetisi. Melalui pelatihan yang dilanjutkan dengan sertifikasi ini maka kita punya bekal untuk berkompetisi di lapangan dengan yang lain," ucapnya.

Baca juga: BPOLBF majukan Parapuar Labuan Bajo jadi kawasan wisata terpadu
Baca juga: Disparekrafbud sebut aktivitas menyelam di Labuan Bajo diminati wisman

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023