Jakarta (ANTARA) - Paris Saint-Germain (PSG) mengamankan kemenangan dengan skor 2-0 atas Borussia Dortmund pada pertandingan Grup F Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu dini hari WIB.
 
Kemenangan Les Parisiens hadir berkat tendangan penalti Kylian Mbappe serta gol dari Achraf Hakimi, demikian catatan UEFA.
 
Hasil ini membuat PSG menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup F Liga Champions dengan raihan tiga poin dari satu pertandingan, sedangkan Borussia Dortmund menghuni posisi terakhir.
 
Secara statistik PSG juga lebih unggul dibandingkan Borussia Dortmund dengan mencatatkan 69 persen penguasaan bola serta melepaskan 18 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.
 
PSG langsung mengambil inisiatif menyerang ketika pertandingan dimulai dan sempat memberikan ancaman melalui tendangan Lucas Hernandez yang masih belum menemui sasaran.
 
Selanjutnya giliran Dortmund yang memberikan ancaman melalui tendangan yang dilepaskan oleh Donyell Malen, namun dapat diamankan oleh kiper PSG Gianluigi Donnarumma.
 
PSG terus menekan lini pertahanan Dortmund dan memiliki peluang emas melalui tendangan Vitinha, akan tetapi bola masih membentur tiang gawang.
 
Skuad asuhan Luis Enrique terus berupaya untuk unggul terlebih dahulu, namun hingga babak pertama usai, skor 0-0 untuk kedua tim tetap bertahan.

Baca juga: Enrique sebut kalah dari Nice tak pengaruhi PSG jelang lawan Dortmund
 
Memasuki babak kedua, PSG mengambil inisiatif menyerang kembali dan memiliki peluang emas untuk unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena Niklas Suele melakukan handsball di kotak terlarang.
 
Kylian Mbappe yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya tak mampu dijangkau oleh kiper Dortmund Gregor Kobel sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-49.
 
Tim tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-58 setelah umpan Vitinha dapat disambut tendangan kaki kanan Achraf Hakimi yang membobol gawang Dortmund.
 
Dortmund memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalannya setelah pemain pengganti Jamie Bynoe-Gittens melepaskan tendangan yang masih membentur tiang gawang PSG.
 
Pada waktu tambahan babak kedua, PSG sempat kembali membobol gawang Dortmund, namun pada akhirnya dianulir oleh VAR. Skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan hingga pertandingan usai.

Baca juga: Barcelona awali Liga Champions dengan pesta ke gawang Royal Antwrep
Baca juga: Ancelotti ingin Madrid awali Liga Champions dengan baik

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023