Data tersebut dapat membantu investor menentukan keputusan investasi, analisis dan penelitian
Jakarta (ANTARA) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyediakan publikasi statistik baru bernama IDX New Listing Information yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan investor dalam mengakses data dan informasi yang komprehensif terkait pencatatan perdana saham suatu perusahaan.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy dalam peluncuran secara daring di Jakarta, Rabu, menjelaskan layanan tersebut berisi kumpulan data dan informasi pencatatan perdana calon perusahaan tercatat di BEI, yang meliputi profil perusahaan, informasi IPO dan pencatatan, data laporan keuangan, serta informasi pemegang saham.

“Data tersebut dapat membantu investor menentukan keputusan investasi, analisis dan penelitian,” ujar Irvan.

Irvan menyebut layanan tersebut bertujuan agar data dan informasi yang disediakan terstandardisasi, untuk mendukung integrasi sistem basis data, serta meningkatkan tampilan dan penyajian data agar menjadi lebih mudah dimengerti sekaligus user friendly.

Adapun, informasi-informasi yang terdapat dalam IDX New Listing Information diantaranya, Profil Perusahaan (Company Profile), Pencatatan Saham Perdana (IPO & Stock Listing), Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance), dan Papan Pencatatan dan Klasifikasi Industri (Board & Classification).

Kemudian, juga terdapat Pencatatan Waran (Warrant Listing), Rencana Penggunaan Dana (Intended Use of Fund), Lembaga Profesi Penunjang (Supporting Institutions), Data Laporan Keuangan (Financial Statement Data), Informasi Segmen Usaha (Segment Information), Informasi Lain (Other Information), serta Informasi Pemegang Saham (Shareholder Information).

Lebih lanjut, BEI juga menambahkan konten untuk lebih memenuhi kebutuhan investor, diantaranya rasio oversubscription, jumlah pencatatan dalam setahun, anggota indeks Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), dan cost of fund.

Selain itu, juga kategori rencana penggunaan dana IPO, ringkasan laporan keuangan dan pemegang saham terbaru, kinerja keuangan dalam bentuk grafik (aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, laba/rugi), rasio keuangan, jumlah karyawan, serta diagram komposisi pemegang saham.

“Peluncuran publikasi IDX New Listing Information menunjukkan komitmen BEI dalam menyediakan publikasi statistik pasar modal yang komprehensif bahkan sejak perusahaan akan tercatat di BEI,” ujar Irvan.


Baca juga: BEI, Bursa Malaysia dan SET teken MoU hubungkan ekosistem ESG di ASEAN
Baca juga: Resmi! OJK beri izin BEI selenggarakan bursa karbon

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023