Dalam waktu dekat kami akan mengirim personel Brimob ke Oksibil, untuk memperkuat personel di wilayah itu
Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri menyatakan segera mengirim personel Brimob ke Oksibil untuk membantu mengatasi gangguan keamanan di wilayah itu.

"Dalam waktu dekat kami akan mengirim personel Brimob ke Oksibil, untuk memperkuat personel di wilayah itu," kata Irjen Pol. Fakhiri kepada ANTARA di Jayapura, Rabu malam.

Diakui, pengiriman personel ke Oksibil, Ibu Kota Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, itu dilakukan akibat maraknya aksi penembakan, penyerangan dan pembakaran yang dilakukan KKB.

KKB yang mengklaim Kodap 35 Bintang Timur itu sejak Senin (18/9) melakukan sejumlah aksi hingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, termasuk gugurnya personel Satgas Damai Cartenz Briptu Agung.

Saat itu almarhum bersama timnya sedang melaksanakan patroli di wilayah Serambakon, Senin (18/9), tiba-tiba diserang KKB. Selain menyerang anggota Polri, KKB juga menembak warga yang sedang berada di rumah hingga menyebabkan dua orang terluka.

Baca juga: Kasatgas Humas Damai Cartenz akui KKB tembak ASN di Oksibil Pegubin

Baca juga: Kapolda Papua tegaskan KKB tidak kuasai Oksibil


Selasa (19/9), KKB kembali menghadang dan menembaki serta menganiaya ASN Pemda Pegubin yang hendak ke kantor hingga mengalami luka-luka.

Berbagai tindak kekerasan yang dilakukan KKB tidak boleh dibiarkan berlarut-larut sehingga pihaknya akan mengirimkan personel Brimob membantu mengamankan dan memulihkan wilayah tersebut, tegas Kapolda Papua.

Dijelaskan, anggota KKB yang mengklaim Kodap 35 Bintang Timur itu adalah pecahan dari KKB yang mengganggu di Kiwirok, beberapa waktu lalu.

Setelah kawasan itu kembali kondusif maka mereka mengganggu wilayah di sekitarnya termasuk di Oksibil.

"TNI-Polri akan berupaya memulihkan keamanan di kawasan Oksibil, dan sekitarnya serta melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku," tegas Kapolda Papua Irjen Pol. Fakhiri.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023