Apabila K3 dipastikan aman, sudah tentu pelayanan kelistrikan juga akan semakin meningkat, sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat ke depan
Ambon (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Maluku melakukan sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum bagi petugas bagian Operasi dan Pelayanan (Ophar) dan Operasi Sistem Transmisi (Opsistrans).

General Manajer PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula, di Ambon, Rabu, menjelaskan pelatihan sertifikasi ahli K3 diikuti petugas bagian Ophar dan Opsistran dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Poka, Kayu Merah, Langgur, Kairatu, Namlea, dan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk selama dua pekan. 

Ia mengatakan sertifikasi Ahli K3 Umum merupakan bagian dari tanggung jawab PLN dalam menjaga keselamatan petugas di lapangan guna memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan kemampuan dan keahlian petugas PLN yang tersebar di wilayah target kerja PLN UIW Maluku dan Maluku Utara. Dengan demikian hal-hal yang membahayakan kesehatan dan keselamatan bisa diminimalisir.

Baca juga: PLN terus tingkatkan K3 dalam operasional layanan kelistrikan

"Apabila K3 dipastikan aman, sudah tentu pelayanan kelistrikan juga akan semakin meningkat, sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat ke depan," katanya.

Awat berharap melalui sertifikasi Ahli K3 Umum peserta dapat memahami standar operasional K3 yang berlaku, serta mampu mengidentifikasi, mencegah, dan mengendalikan potensi risiko di tempat kerja.

Pembangkit listrik merupakan salah satu bagian kegiatan dengan kompleksitas dan faktor yang menimbulkan risiko yang tinggi bagi keselamatan dan kesehatan pekerjanya, maka Ahli K3 Umum sangat dibutuhkan sebagai tenaga ahli khusus dalam membantu pengawasan di tempat kerja serta memperhatikan keamanan dan keselamatan selama proses pekerjaan berlangsung.

Ahli K3 umum memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja.

"Dengan pengetahuan dan keterampilan pekerja mampu mengidentifikasi, mencegah, dan mengendalikan risiko yang dapat membahayakan pekerja, sehingga stabilitas pasokan listrik tetap berjalan dengan andal dan aman," katanya.

Baca juga: Komitmen PLN kurangi kecelakaan kerja bagi karyawannya
Baca juga: PLN terapkan sistem keselamatan pekerja jarak jauh


 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023