Jakarta (ANTARA) -
Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.
 
 
Komisi II DPR setujui jadwal pendaftaran capres-cawapres 19-25 Oktober
 
Komisi II DPR RI bersama dengan Kemendagri, KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI menyetujui opsi mengenai jadwal pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 pada 19-25 Oktober 2023.
 
Opsi yang termuat dalam rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden itu disepakati dalam rapat konsultasi yang digelar Komisi II DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu malam.
 
"Jadi 19 sampai 25 Oktober kita sepakat ya? Oke," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia saat memimpin jalannya rapat.
   
Prabowo segan memasukkan SBY dalam tim pemenangan
 
Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengakui segan memasukkan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam tim pemenangannya menyongsong Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.
 
"Yang benar aja, senior ah, ngarang aja," kata Prabowo kepada awak media di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Selasa (19/9) malam.
   
Ganjar Pranowo tegaskan komitmen memperkuat KPK
 
Bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menegaskan komitmen untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai upaya memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia.
 
Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, Ganjar menyatakan dengan memperkuat KPK sebagai bagian dari upaya untuk dapat mencegah praktik penyimpangan.
 
Penegasan itu disampaikan Ganjar dalam acara Mata Najwa "3 Bacapres Bicara Gagasan" di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (19/9).
 
“Sepakat dikuatkan (lembaga KPK),” ujar Ganjar menjawab pertanyaan dari Najwa Shihab.
 
Elit Koalisi Indonesia Maju berkumpul bahas program Prabowo
 
Puluhan elit partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul di Kantor DPP Partai Golkar, untuk membahas program dan tema kampanye bakal calon presiden Prabowo Subianto.
 
"Tidak membahas cawapres, lebih kepada program dan tema-tema kampanye," kata Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu malam.
 
Presiden tegaskan masyarakat tak boleh terbelah karena pemilu
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan masyarakat tidak boleh terbelah karena pemilu dimana perbedaan pilihan merupakan hal yang wajar.
 
"Perdamaian juga tidak boleh koyak, karena pemilu dan lompatan bangsa ini menuju kemajuan juga tidak boleh terhalang hanya karena perebutan kekuasaan," katanya di Solo, Jawa Tengah, Rabu.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023