Solo (ANTARA) -
Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah menerima persembahan Al Quran raksasa dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diserahkan pada Kamis pagi.
 
Rektor UNSIQ Wonosobo Zaenal Sukawi di Solo, Jawa Tengah, Kamis mengatakan persembahan mushab Al Quran akbar Ir H Joko Widodo tersebut sudah dilaksanakan pada pukul 06.15-06.25 WIB.
 
"Sudah berjalan dengan lancar, beliau berpesan dengan penyerahan Al Quran akbar tersebut bermanfaat bagi masyarakat Solo dan Wonosobo, Jawa tengah," katanya.
 
Ia mengatakan yang menarik adalah Presiden Jokowi menulis sendiri huruf ba yang terdapat Al Quran tersebut. Menurut dia, penulisan sudah dilakukan pada tanggal 16 Juni 2017 bertepatan dengan malam 21 Ramadhan 1438 H di Wonosobo, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Asy'ariah Wonosobo.

Baca juga: Pengunjung Masjid Sheikh Zayed capai 30.000 orang/hari pada musim haji

Baca juga: Pengelola jadikan Masjid Sheikh Solo objek wisata religi dan edukasi

 
"Sebenarnya nggak sampai empat tahun (proses pembuatan Al Quran raksasa, Red.), 2,5 tahun lalu sudah selesai. Waktu mau dipersembahkan pas musim COVID-19, ini akhirnya dipersembahkan dan tadi Pak Jokowi menerima persembahan (dari UNSIQ untuk kemudian diserahkan ke Masjid Sheikh Zayed, Red.)," katanya.

Ia mengatakan Al Quran raksasa tersebut berukuran 3x2 meter ketika dibuka dan saat ditutup berukuran 2x1,5 meter.
 
Sementara itu, dikatakannya, penyerahan Al Quran di masjid tersebut bertepatan dengan selesainya pembangunan masjid.
 
"Ini takdir Allah karena pada saat penulisan kan belum ada masjid ini, ini takdir betul dari Allah, pas mau dipersembahkan ada masjid ini. Melengkapi mushab Al Quran akbar, nanti di masjid ini juga akan terbangun Bustanul Quran, (tujuan untuk, Red.) membesarkan dan membumikan nilai-nilai Quran, nanti juga akan di sini," katanya.
 
Sementara itu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo sejak sehari sebelumnya. Pada Rabu (20/9) Jokowi menghadiri Apel Akbar KOKAM di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: ZHO Abu Dhabi sumbang 160 rehal Al Quran untuk Masjid Syekh Zayed Solo

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023