Mudah-mudahan UI dapat melahirkan pemimpin yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi pemimpin yang memiliki karakter baik, bertakwa, dan amanah
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri wisuda program sarjana dan pendidikan vokasi di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Kamis.

Pada acara ini, turut hadir menjadi wisudawati putri Wapres yang bernama Natasya Nisaul Alfani dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

Berdasarkan keterangan yang diterima, di Jakarta, Wapres beserta istri Wury Ma’ruf Amin tiba di Gedung Rektorat UI pada pukul 14.00 WIB, kemudian disambut oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Rektor UI Ari Kuncoro.

Mengenakan setelan jas berwarna gelap dipadu dengan dasi yang senada, Wapres kemudian didaulat untuk berfoto bersama dengan Rektor, Wakil Rektor, Dewan Guru Besar, Majelis Wali Amanat, dan Senat Akademik Universitas Indonesia sejenak sebelum acara dimulai.

Selanjutnya, untuk mengabadikan momen bersejarah bagi putrinya tersebut, Wapres didampingi istri Wury Ma’ruf Amin melaksanakan foto bersama keluarga di lokasi yang sama.

Setelah prosesi foto bersama, Wapres beserta istri menuju Balairung UI untuk menyaksikan secara khidmat prosesi acara yang berlangsung selama lebih kurang dua jam tersebut.

Dalam pesan tertulis, Wapres menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan UI yang hadir pada acara tersebut, serta berharap ilmu yang didapat mampu diaktualisasikan dengan baik di dunia pekerjaan.

Baca juga: Optimalkan potensi zakat, Wapres dorong Baznas lebih berinovasi

Baca juga: Wapres harapkan pemda aktif fasilitasi kegiatan pemanfaatan panas bumi


"Bagi para wisudawan, saya ucapkan selamat karena sudah melewati salah satu fase dalam perjalanan kehidupan. Semoga Anda dapat mengamalkan ilmu sesuai bidang masing-masing untuk memajukan tanah air," tulis Wapres.

Wapres juga berharap, melalui wisuda kali ini akan muncul sosok pemimpin masa depan bangsa yang berkarakter dan memegang teguh nilai-nilai kebangsaan.

"Mudah-mudahan UI dapat melahirkan pemimpin yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi pemimpin yang memiliki karakter baik, bertakwa, dan amanah," harapnya.

Sementara Rektor UI Ari Kuncoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam berbagai peringkat dunia, UI berhasil menempati posisi yang sangat memuaskan di berbagai kategori. Untuk itu, para alumni diharapkan mampu meningkat reputasi baik tersebut di dunia pekerjaan.

"Pada tahun ini, Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023 menempatkan UI ditempat pertama Indonesia atau posisi 20 dunia. UI diakui telah menghasilkan para lulusan terbaik di mata pemberi kerja", papar Ari.

"Semoga para alumni yang kami lepas akan memberikan sumbangsih terbaik di dunia pekerjaan," ujar Ari.

Sebagai informasi, pada wisuda hari ini dilantik 3.721 orang lulusan dari program sarjana rumpun sosial humaniora dan program pendidikan vokasi, yang berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ilmu Administrasi.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023