Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta pejabat utama Polri mengunjungi Bazar Kreasi Bhayangkara Nusantara 2023 yang diikuti 225 pelaku UMKM maupun UMKM binaan Bhayangkari di JCC, Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Kapolri menyampaikan komitmennya untuk mendorong UMKM di Tanah Air terus bertumbuh baik secara kualitas maupun kuantitas produknya sehingga bisa bersaing di pasaran nasional maupun internasional.

"Kreasi Bazar Nusantara tentunya bagian dari upaya kami untuk terus mendorong UMKM," kata Sigit.

Menurut Sigit, dengan bertumbuhnya UMKM di Tanah Air dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara gerakan dukung perekonomian

Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2023 ini berlangsung selama lima hari dimulai dari Rabu (20/9) sampai dengan Minggu (24/9). Kegiatan ini diikuti oleh 225 peserta dengan 261 stan. Terdiri atas stan umum 135 peserta dengan 153 stan.

Para peserta bazar ini terdiri atas stan kuliner sebanyak 43 peserta dengan 46 stan dan stan UMKM Bhayangkari 47 peserta dengan 62 stan.

Kapolri menyambangi satu-satu stan UMKM Bhayangkari dan peserta umum lainnya, dan menyemangati para peserta untuk meningkatkan produksi dan kualitasnya supaya bisa bersaing di pasaran.

"Saya doakan UMKM-UMKM yang ada ini terus bisa semakin bertumbuh kualitasnya juga semakin baik dan kemudian bisa masuk pasar tidak hanya nasional tapi juga internasional," ujar Sigit.

Sementara itu, Panitia Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2023 menyatakan Pimpinan Pusat Bhayangkari Polri telah melakukan pembinaan terhadap 3.490 UMKM seluruh Indonesia.

Pelaku UMKM binaan tersebut memproduksi bermacam produk, mulai dari pakaian, kuliner, kosmetik dan kerajinan tangan lainnya.

Sesuai tema Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2023 "UMKM Bhayangkari Naik Kelas Menciptakan Bhayangkari Mandiri". Dimaksudkan supaya banyak UMKM Bhayangkari bisa lebih berkembang mau dari segi skala maupun kualitas produksinya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023