Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengajak Indomaret menjadi mitra pemasaran untuk menjual produk unggulan UMKM dengan menyediakan display di 300 tokonya.

"Kan keren kalau produk UMKM bisa mejeng di 300 store Indomaret yang ada di Kota Tangerang," kata Wali Kota Arief saat membuka pelatihan kewirausahaan mandiri di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan, kualitas dari setiap produk UMKM Kota Tangerang akan dapat bersaing dengan produksi dari industri besar yang menghiasi etalase di setiap gerai Indomaret. Apalagi kualitas pengemasan dan juga rasa telah jauh mengalami peningkatan.

Tak hanya itu saja, dengan potensi kunjungan wisata yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, ditambah dengan keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta, tentunya semakin memperbesar peluang berjayanya UMKM di Kota Tangerang.

Baca juga: Kapolri dorong UMKM Indonesia terus bertumbuh

"Di tahun 2022, kunjungan ke Kota Tangerang mencapai angka lebih dari 2,6 juta jiwa. Apalagi ditambah dengan partisipasi Indomaret yang mau pamerkan produk UMKM di gerainya, insya Alllah semakin menarik minat masyarakat luas untuk datang ke Kota Tangerang,” katanya.

Sementara itu 100 pelaku UMKM mengikuti pelatihan peningkatan kualitas produk agar produk yang dimiliki bisa mengikuti proses kurasi, serta dijual di gerai - gerai.

"Melalui kolaborasi ini, produk-produk UMKM akan dijual di Indomaret serta secara khusus akan disediakan display untuk oleh-oleh khas Kota Tangerang,” kata kata Kepala Disperindagkop-UKM, Suli Rosadi.

Dirinya juga berharap kerjasama dalam bentuk pelatihan UMKM ini mampu meningkatkan kualitas produk UMKM agar naik kelas dan setara dengan produk-produk industri besar yang ada di pasaran.

Baca juga: OJK upayakan UMKM berkontribusi 70 persen pada PDB di 2028

"Kita terus mendorong agar pelaku UMKM di Kota Tangerang bisa menjual produknya ke area yang lebih luas dan menambah pendapatan," ujarnya.

Brand Manager Indomaret yakni Didiet Suryo Saputro menambahkan, kolaborasi antara Pemkot Tangerang dan Indomaret dalam mendorong kemajuan UMKM ini telah berjalan dari tahun ke tahun.

Tidak hanya itu, produk-produk UMKM Kota Tangerang selama ini juga dinilai mempunyai kualitas yang tinggi. Oleh karenanya, sejalan dengan itu, kolaborasi sejauh ini berhasil mendorong produk-produk UMKM Kota Tangerang untuk turut dijual di 25 gerai resmi Indomaret, serta jumlah kuantitasnya akan terus ditambah seiring berjalannya waktu.

"Kurang lebih 100 pelaku UMKM terlibat di pelatihan ini. Nantinya, semua produk unggulan UMKM Kota Tangerang akan dikurasi, diarahkan, dan disempurnakan seperti kemasan dan perizinan sesuai standar yang ada. Selanjutnya, produk-produk tersebut akan kita launching bersama di Indomaret dalam beberapa waktu mendatang,” ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023