Jakarta (ANTARA) - Platform X, yang dulu bernama Twitter, akan menghapus fitur Circle yang diluncurkan tahun lalu per 31 Oktober 2023.

"Setelah tanggal ini, Anda tidak bisa membuat unggahan baru yang terbatas untuk Circle Anda, juga tidak bisa menambahakan orang ke dalam Circle," kata X di laman bantuan, dikutip Jumat.

Twitter, sebelum berganti nama menjadi X, merilis fitur Circle Agustus 2022 supaya pengguna bisa berinteraksi dalam kelompok yang lebih kecil dan lebih privat.

Baca juga: Pengguna X premium kini bisa sembunyikan tab "Likes"

Pengguna bisa menambahkan hingga 150 akun ke Circle mereka. Setelah memiliki Circle, pengguna bisa mengatur agar cuitan mereka hanya bisa dilihat orang-orang yang dimasukkan ke kelompok kecil tersebut.

Konten yang diunggah di Circle ditandai dengan warna hijau di bawah cuitan. Cuitan itu tidak bisa dibagikan atau dicuit ulang.

Selagi bersiap menghapus Circle, X memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menghapus daftar akun yang dimasukkan ke kelompok itu.

"Anda bisa menghapus orang-orang dari Circle Anda," kata X.

Baca juga: Sosmed X perlambat akses ke tautan berita media, sosmed saingan

Untuk menghapus akun yang ditambahkan ke Circle, login ke akun X dan buka akun yang ditambahkan ke Circle. Setelah berada di laman akun teman tersebut, unfollow (berhenti mengikuti) mereka.

Setelah melakukan unfollow, akun tersebut tidak lagi berada di Circle pengguna. Akun itu juga tidak bisa lagi melihat unggahan yang pernah ada di Circle pengguna.

Follow atau ikuti lagi akun tersebut dan ia tidak akan ditambahkan ke Circle.

Baca juga: X izinkan pengguna streaming video secara langsung

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023