Jayapura (ANTARA) - Tim gabungan yang terdiri dari Satgas Ops Damai Cartenz dan Satpolair Polres Asmat menangkap penyuplai bahan makanan kepada KKB pimpinan Egianus Kogoya di Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol. Faizal Ramadhani, Jumat mengatakan, penangkapan terhadap YT dilakukan Kamis (21/9).

YT merupakan penyuplai bahan makanan yang dananya berasal dari KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Benar telah dilakukan penangkapan terhadap Y.T yang merupakan simpatisan KKB dan memiliki peran menyuplai bahan makanan kepada kelompok Egianus Kogoya, " kata Faizal.

Dijelaskan, dari laporan yang diterima YT bekerja sebagai motoris speed di Asmat.

Penangkapan itu berawal saat tim Satgas Damai Cartenz telah memperoleh informasi dan kemudian membuntutinya saat YT menuju Bank Papua untuk mengambil kiriman uang dari Egianus Kogoya.

Sebelum ditangkap petugas, Y.T telah melakukan penarikan uang sebesar Rp100 juta di Bank Papua Asmat dan dari uang tersebut, dibelikan berbagai bahan makanan untuk dibawa sesuai permintaan Egianus Kogoya.

Saat ini YT masih dimintai keterangannya oleh penyidik di Polres Asmat.

Sebelumnya Selasa (19/9) personel Satgas Damai Cartenz telah menangkap anggota Egianus Kogoya di Nabire yaitu T alias L.D alias ALTAU (27).

T alias L.D alias ALTAU terlibat sejumlah aksi penembakan di sekitar Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, jelas Kombes Pol. Faizal Ramadhani.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz : Tidak ada warga Pegunungan Bintang mengungsi

Baca juga: Bamsoet minta TNI dan Polri deteksi dini pergerakan KKB 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023