Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) seperti tahun-tahun sebelumnya setiap akhir September memperingati dua hari besar yang berdekatan, yaitu Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional yang kali ini dipusatkan di Menara Suar Tanjung Baron, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hari Menara Suar diperingati setiap tanggal 22 September dan Hari Maritim Nasional jatuh setiap tanggal 23 September.

”Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional menjadi pengingat bahwa keselamatan pelayaran adalah aspek kritis dalam kelangsungan hidup dan kemajuan perdagangan dunia," kata Direktur Kenavigasian, Kemenhub, Capt. Budi Mantoro dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Tema Peringatan Hari Maritim Nasional Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju, maka tema peringatan Hari Menara Suar ke-9 Tahun 2023 adalah Cerlang Suar Menjaga Keselamatan dan Laju Transportasi Laut.

Menurut Budi Mantoro, kedua tema tersebut juga menyatu dengan tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023 yaitu 'Melaju Untuk Transportasi Maju'". Melalui tema tersebut diharapkan agar sumbangsih cahaya Menara Suar membantu para Navigator dalam bernavigasi sehingga tercapai keselamatan pelayaran yang aman, efisien dan efektif.

Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional menjadi pengingat bahwa keselamatan pelayaran adalah aspek kritis dalam kelangsungan hidup dan kemajuan perdagangan dunia. Menara suar adalah penjaga setia yang membantu kapal-kapal melewati bahaya di laut dan mencapai tujuan mereka dengan selamat.

Lebih jauh, dijelaskan sesuai dengan perkembangan teknologi global, maka pengelolaan bidang keselamatan pelayaran di Indonesia harus mampu meningkatkan kinerjanya secara bertahap agar dapat tetap berperan efektif memenuhi tuntutan dunia pelayaran baik domestik dan internasional yang semakin meningkat.

”Tentunya dalam melaksanakan pencapaian tersebut dibutuhkan kerja keras, pemikiran dan pengorbanan untuk meningkatkan kehandalan serta merawat Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di seluruh perairan Indonesia, khususnya Menara Suar yang berada di pulau-pulau terpencil atau terluar.

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama Capt. Budi juga menyampaikan bahwa Menara Suar selain memiliki peran penting dalam mendukung keselamatan pelayaran, juga sebagai penandaan batas-batas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

untuk itu, Dia berharap dengan peringatan Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional ini akan meningkatkan kehandalan dan perawat Menara Suar agar tetap berfungsi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh International Association of Marine Aids to Navigation and Lighthouse Authority (IALA) .

Sebagai rangkaian dari Harhubnas 2023, pada kesempatan ini Direktur Kenavigasian juga berkesempatan menyerahkan bantuan alat keselamatan pelayaran kepada para nelayan di wilayah Pantai Baron dan sekitarnya berupa 160 jaket keselamatan sebagai bentuk kampanye keselamatan pelayaran. Turut hadir dan menyerahkan jaket keselamatan adalah Kepala Distrik Navigasi Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar, Tanjung Pinang, Sabang, Kupang, Semarang, Sorong, Merauke dan Tanjung Intan Cilacap.

Baca juga: Indonesia - Korea Selatan kerja sama bangun menara suar dan rambu suar
Baca juga: Kemenhub libatkan 40 warga buka akses jalan Menara Suar Tanjung Pemali

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023