Beijing (ANTARA) - Para astronaut Shenzhou-16, yakni Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao, menyampaikan perkuliahan keempat kepada para siswa di Bumi melalui siaran langsung daring (livestream) dari stasiun luar angkasa China, pada Kamis (21/9) sore waktu setempat.

Ini merupakan perkuliahan sains pertama yang disampaikan dari modul laboratorium Mengtian di stasiun luar angkasa Tiangong, dan perkuliahan keempat dari seri "Tiangong Class".
 
   Ratusan mahasiswa mengikuti langsung perkuliahan keempat dari seri "Kelas Tiangong" di Universitas Beihang, Beijing, China, pada 21 September 2023. (Xinhua/Ju Huanzong)

Selama perkuliahan berdurasi 48 menit tersebut, para astronaut memperkenalkan suasana kerja serta kehidupan mereka di modul laboratorium Mengtian.

Mereka juga mendemonstrasikan berbagai eksperimen menarik di lingkungan mikrogravitasi, seperti eksperimen api berbentuk bola (spherical flame) dan giroskop logam (metal gyroscope), serta eksperimen yang menunjukkan hukum kekekalan momentum (law of momentum conservation). Mereka juga menjelaskan prinsip-prinsip ilmiah dari eksperimen tersebut.

Sebanyak lima kelas dibuka di Bumi, yang salah satunya di Universitas Beihang di Beijing. Sekitar 2.800 siswa mengikuti perkuliahan di kelas-kelas tersebut.

Selama perkuliahan yang disampaikan via livestream tersebut, para astronaut berinteraksi dengan para siswa di kelas-kelas di Bumi.

menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA), di masa mendatang akan semakin banyak perkuliahan yang disampaikan dari luar angkasa selama tahap penerapan dan pengembangan stasiun luar angkasa China.

Sebagai laboratorium antariksa nasional China, stasiun luar angkasa Tiangong memainkan peran penting dalam edukasi dan popularisasi sains.

Para kru astronaut Shenzhou-13 dan Shenzhou-14 sebelumnya telah memberikan tiga perkuliahan "Tiangong Class", yang mendapat sambutan hangat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023