Palangka Raya (ANTARA) - Pelantikan sebanyak 9 penjabat bupati dan 1 wali kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah akan dilaksanakan pada Senin 25 September 2023.

Sekretaris Daerah Kalteng, Nuryakin dihubungi di Palangka Raya, Sabtu  mengatakan pelantikan 10 penjabat tersebut pada  Senin tanggal 25 September 2023 pukul 09.00 WIB berlangsung di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

10 kabupaten/kota yang melaksanakan pelantikan  yakni Katingan, Kapuas, Pulang Pisau, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, Lamandau, Sukamara, Seruyan, serta Kota Palangka Raya.

Lebih lanjut Nuryakin menjelaskan, untuk gladi bersih pelantikan pj bupati/wali kota dilaksanakan pada Minggu tanggal 24 September 2023 pukul 13.00 WIB yang diwakilkan kepada Asisten I daerah masing-masing.

"Undangan untuk kehadiran pelantikan pj bupati/wali kota akan disampaikan paling lambat Minggu, 24 September 2023," jelas Nuryakin.

Sementara itu hingga saat ini, selain 10 kabupaten dan kota yang akan dilantik pj kepala daerahnya pada Senin (25/9), sebanyak dua kabupaten telah diisi oleh pj bupati yakni Kabupaten Barito Selatan Deddy Winarwan dan Kotawaringin Barat Budi Santosa.

Dalam jadwal sebelumnya pelantikan dilaksanakan pada Minggu, 24 September 2023, namun karena alasan administrasi dan teknis lainnya, maka diundur satu hari menjadi 25 September. 

Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu, menjelaskan, kepala daerah dan wakil kepala daerah pada 9 kabupaten dan 1 kota berakhir masa jabatannya pada 24 September 2023. Maka untuk mengisi kekosongan jabatan, ditunjuk para pelaksana harian (Plh) sebagaimana Surat Keputusan (SK) terlampir.
Baca juga: Gubernur Kalteng tunda pelantikan penjabat bupati Barsel dan Kobar
Baca juga: Kapuspen Kemendagri: Pelantikan Pj Bupati Mimika sesuai aturan
Baca juga: Tito sebut Gubernur Papua berhalangan melantik pj bupati karena sakit

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023