Nanning (ANTARA) - Pusat Kerja Sama dan Pertukaran Penerbangan Sipil China-ASEAN resmi diluncurkan pada forum terkini kerja sama industri sektor itu di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan.

Menurut Wakil Ketua Eksekutif Asosiasi Transportasi Udara China (CATA), Pan Yixin, dikutip Xinhua pada Jumat (22/9), lembaga itu bertujuan untuk memperkuat konektivitas jaringan rute udara yang menghubungkan China dan ASEAN serta mempromosikan pengembangan pariwisata budaya yang berorientasi pada penerbangan yang terkoordinasi.

Pusat tersebut juga akan menciptakan platform untuk kerja sama penerbangan sipil China-ASEAN, mengadakan pameran teknologi dan peralatan penerbangan, serta mengembangkan area demonstrasi untuk pembangunan kapasitas penerbangan sipil, kata Pan.

Pusat itu diprakarsai bersama oleh 15 organisasi, termasuk CATA, China Southern Airlines, dan Bandar Udara Changi Singapura.

Sejak China dan ASEAN secara resmi menjalin hubungan dialog, volume lalu lintas penumpang tahunan penerbangan sipil China-ASEAN telah melonjak dari 295.000 menjadi 26,58 juta, atau sekitar 90 kali lipat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023