jumlah kuota haji OKU Selatan tahun 2024 meningkat hingga sekitar 200 persen dibandingkan 2023, atau hampir 4 kali lipat lebih banya
Muaradua, Sumsel (ANTARA) - Kuota haji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan pada 2024 mencapai 249 orang atau melonjak dibandingkan 2023 yang hanya berjumlah 76 jamaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, kata pejabat Kementerian Agama setempat.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU Selatan,  Karep di Muaradua, Sabtu menjelaskan b4 bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menginformasikan kuota haji 2024 ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Tahun depan, kuota haji Indonesia berjumlah 221.000 jamaah dan Kabupaten OKU Selatan mendapatkan jatah sebanyak 249 orang sesuai dengan daftar urutan prioritas di Siskohat.

Menurut dia, jumlah kuota haji OKU Selatan tahun 2024 meningkat hingga sekitar 200 persen dibandingkan 2023, atau hampir empat kali lipat lebih banyak.

Namun, besaran biaya ibadah haji tahun ini dan tenggat waktu pelunasannya masih belum diumumkan.

Ia menjelaskan nama-nama calon jamaah haji yang berhak berangkat tahun depan sedang dalam proses verifikasi dan pengumpulan berkas, seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, dan Buku Nikah sesuai dengan urutan prioritas.

"Proses verifikasi data jamaah calon haji (CJH) sedang berlangsung, termasuk 11 orang jamaah lansia dari total 249 peserta," katanya.

Terkait hal itu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap bersabar dan menunggu informasi lebih lanjut, serta menjaga kesehatan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Bagi mereka yang telah menantikan kesempatan berangkat haji selama bertahun-tahun, penting untuk tidak membiarkan masalah kesehatan menghalangi rencana tersebut.

"Jika ada gangguan kesehatan yang menghambat, pelunasan biaya haji menjadi kunci keberangkatan yang harus diprioritaskan," demikian Karep.

Baca juga: Wabup OKU Selatan lepas keberangkatan JCH ke Asrama Haji Palembang

Baca juga: Kedatangan 76 jamaah haji OKU Selatan-Sumsel disambut pemda

Baca juga: 35 jamaah haji kloter 23 tiba di Kabupaten OKU-Sumsel

Baca juga: Imigrasi Palembang layani kedatangan 5.002 haji Sumsel dan  Babel


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023