Jayapura (ANTARA) - Kasatgas Damai Cartenz Akbp Bayu Suseno mengakui, termonitor empat anggota KKB dari Kodap 35 Bintang Timur tertembak di sekitar Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua Pegunungan.

Memang benar dari laporan terungkap empat anggota KKB yang tertembak namun seorang yang tewas yakni Ricky Sasaka yang tertembak di bagian dada.

Ricky Sasaka sudah dinyatakan tewas oleh kelompoknya, jelas Akbp Bayu Suseno kepada Antara, di Jayapura, Sabtu. 

Diakui, Ricky Sasaka ditembak Rabu (20/9) saat bersama kelompoknya melakukan penembakan terhadap pesawat sipil yang melintas.

Tim sniper menembak dari jarak 800 meter saat mereka melakukan penembakan terhadap pesawat yang melintas di ketinggian Oksibil.

Dari teropong terlihat ada beberapa KKB juga terluka akibat tembakan tersebut namun identitas ke tiga orang yang tertembak belum diketahui.

"Setelah tertembak korban langsung dibawa kabur rekan-rekannya dengan masuk ke dalam hutan termasuk senjata yang mereka gunakan, " jelas Kasatgas Humas Damai Cartenz Akbp Bayu Suseno.

Aksi penembakan yang dilakukan KKB Kodap 35 Bintang Timur yang dipimpin Ananias Mimim mengakibatkan seorang anggota Sangat Damai Cartenz , Senin ( 18/9) yakni Briptu Agung gugur.

Selain itu KKB juga menembak tiga warga serta membakar kios dan rumah warga.
Baca juga: Kapolda Papua: penegakan hukum dilakukan terhadap KKB di Pegubin
Baca juga: Polda Papua masih selidiki dana untuk beli bahan makanan KKB
Baca juga: Tim gabungan tangkap penyuplai bahan makanan ke KKB pimpinan Kogoya

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023