Kami terus melakukan pembersihan eceng gondok terlebih dahulu untuk menyongsong acara Aquabike world Championship yang dijadwalkan pada November 2023
Medan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karo bersama forkopimda dan masyarakat setempat membersihkan tanaman eceng gondok yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara untuk menyongsong ajang "Aquabike World Championship" .

"Kami terus melakukan pembersihan eceng gondok terlebih dahulu untuk menyongsong acara Aquabike world Championship yang dijadwalkan pada November 2023 ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan pembersihan eceng gondok tersebut difokuskan kepada titik wilayah acara Aquabike world Championship tersebut.

"Jadi pembersihan dilakukan dengan cara bergotong royong secara manual, lalu diangkat melalui kapal setempat dan dibawa k dibawa melalui mobil truk sampah," katanya.

Pihaknya optimistis pembersihan eceng gondog tersebut dapat tuntas sebelum acara internasional itu berlangsung, walaupun adanya tantangan pada faktor alam.

"Pembersihan masih berlangsung sampai saat ini, faktor lainnya pada saat angin kencang tanaman tersebut bergeser ke pinggir danau, untuk itu kami terus mengantisipasi hal tersebut," katanya.

Di samping itu, pihaknya terus berupaya dalam mempersiapkan penginapan di wilayah Tongging tersebut untuk pengunjung yang datang pada acara itu.

"Sehubungan dengan penginapan, Pemkab Karo telah siap untuk menyambut kedatangan wisatawan yang hadir, dan kami juga akan mengadakan kegiatan lainnya untuk memeriahkan acara Aquabike World Championship," kata Munarta Ginting.

Sebelumnya, Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai holding BUMN Pariwisata dan Pendukung menandatangani nota kesepahaman dengan H2O Management Ltd untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia UIM Aquabike di Danau Toba, Sumatera Utara.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, penyelenggaraan kejuaraan dunia Aquabike World Championship di Indonesia diselenggarakan dalam rangka pengembangan potensi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Aquabike World Championship merupakan seri kejuaraan jetski tingkat dunia yang akan diselenggarakan di Danau Toba untuk pertama kalinya di wilayah empat kabupaten besar, yakni Kabupaten Toba, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Samosir.

Selain penandatanganan nota kesepahaman dengan H2O Management Ltd, InJourney juga melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Pemerintah Kabupaten Toba, Pemerintah Kabupaten Samosir, Pemerintah Kabupaten Karo, dan Pemerintah Kabupaten Dairi.

Baca juga: Polbangtan Medan kembangkan kompos berbahan eceng gondok

Baca juga: Eceng gondok dan konsep destinasi wisata berkelanjutan di Danau Toba

Baca juga: Eceng gondok makin cemarkan Danau Toba

Baca juga: InJourney teken MoU selenggarakan Aquabike Championship di Danau Toba

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023