“Ini merupakan ajang bagi TNI AU, khususnya Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan minat kedirgantaraan di Provinsi Sulawesi Utara sekaligus lebih mendekatkan diri ke masyarakat,”
Manado (ANTARA) - Warga antusias mendatangi apron Lanud Sam Ratulangi Manado untuk melihat Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF lebih dekat dalam acara yang bertajuk Gebyar Dirgantara Lanud Sam Ratulangi " Open Base Latma Elang Ausindo 2023", di Manado, Sabtu.

Kendatipun kegiatan dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WITA, namun para warga sudah mulai berdatangan sejak pagi sambil membawa keluarga untuk melihat secara langsung pesawat tempur TNI AU dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun dan RAAF Australia.

Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, mengatakan Open Base ini merupakan bagian dari kegiatan Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 untuk mengenalkan alutsista yang dipergunakan selama latihan berlangsung dan meningkatkan minat kedirgantaraan, serta rasa cinta terhadap tanah air.

Lanud Sam Ratulangi menyambut baik kegiatan ini, selain static show pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF, juga diadakan lomba fotografi yang memperebutkan jutaan rupiah dengan kategori pelajar, masyarakat umum, dan wartawan.

Selain itu juga lomba mewarnai kategori anak TK, dan diisi acara hiburan yang menarik para pengunjung.

Karena bertepatan dengan HUT Ke-59 Provinsi Sulawesi Utara, lanjut Danlanud, TNI Angkatan Udara dalam hal ini Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi turut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut dengan menurunkan tiga pesawat F-16 untuk flypast di atas Lapangan Pohon Kasih, Kawasan Megamas, tempat diselenggarakannya Upacara HUT Ke-59 Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini merupakan ajang bagi TNI AU, khususnya Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan minat kedirgantaraan di Provinsi Sulawesi Utara sekaligus lebih mendekatkan diri ke masyarakat,” katanya.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023