Jakarta (ANTARA) - Barcelona berhasil bangkit dan membalikkan keadaan untuk mengalahkan Celta Vigo dengan skor 3-2 pada pekan keenam Liga Spanyol di Stadion Olimpico Lluis Companys, Barcelona, Minggu dini hari WIB.
 
Pada pertandingan ini Celta Vigo sempat unggul terlebih dahulu melalui Joergen Strand Larsen dan Anastasios Douvikas, namun Barcelona mampu bangkit mencetak tiga gol dalam kurun waktu 10 menit berkat brace Robert Lewandowski serta Joao Cancelo, demikian catatan Liga Spanyol.
 
Kemenangan ini membuat Barcelona naik ke peringkat pertama klasemen sementara Liga Spanyol dengan torehan 16 poin dari enam pertandingan, sedangkan Celta Vigo berada di peringkat 17 dengan raihan empat poin.
 
Secara statistik Barcelona tentu lebih unggul dengan mencatatkan 75 persen penguasaan bola serta sukses melepaskan 16 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran, namun baru bisa membobol gawang Celta Vigo ketika laga memasuki 10 menit terakhir.

Baca juga: Penalti Lewandowski pastikan kemenangan 2-1 Barcelona atas Osasuna
 
Ketika pertandingan dimulai Barcelona langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan unggul soal penguasaan bola, namun mereka gagal membongkar lini pertahanan Celta Vigo.
 
Celta Vigo yang bermain sabar sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 19 melalui gol yang dicetak oleh Joergen Strand Larsen setelah memanfaatkan umpan Luca de la Torre sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Barcelona terus berupaya untuk mencari gol penyeimbang, sedangkan Celta Vigo menerapkan strategi serangan balik, namun hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu tetap bertahan.
 
Memasuki babak kedua, Barcelona langsung mengambil inisiatif menyerang dan sempat menebar ancaman melalui tendangan penyerang Robert Lewandowski yang masih belum menemui sasaran.
 
Di sisi lain, Celta Vigo yang memanfaatkan skema serangan balik sukses menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-76 melalui gol Anastasios Douvikas setelah memanfaatkan umpan Iago Aspas.
 
Tertinggal dua gol, mental juara Barcelona berbicara dan sukses membalikkan keadaan untuk unggul 3-2 hanya dalam kurun waktu 10 menit.
 
Penyerang Polandia Robert Lewandowski mengawali kebangkitan Barcelona dengan sukses mencetak dua gol dalam kurun waktu empat menit memanfaatkan umpan Joao Felix dan Joao Cancelo sehingga skor berubah menjadi sama kuat 2-2 pada menit 85.

Baca juga: Barcelona datangkan Joao Felix dan Cancelo dengan status pinjaman
 
Gol kemenangan Barcelona tercipta pada menit 89 melalui gol tendangan voli Cancelo setelah menerima umpan silang Gavi sehingga skor berbalik menjadi 3-2.
 
Pada sisa waktu pertandingan Barcelona berhasil mempertahankan keunggulannya sehingga mereka sukses mengamankan kemenangan kelima pada Liga Spanyol musim ini.
 
Selanjutnya skuad asuhan Xavi Hernandez akan bertandang ke markas Mallorca pada pekan ke-7 Liga Spanyol, Selasa (26/9), sedangkan Celta Vigo akan menjamu Deportivo Alaves, dua hari setelahnya.
 
Baca juga: Barcelona rebut puncak klasemen dari Real Madrid usai pesta gol 5-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023