persediaan beras di gudang-gudang kita tetap cukup untuk menghadapi bulan-bulan yang kering
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih atas kerja keras para petani Indonesia dalam menjaga ketersediaan pasokan beras di dalam negeri meski di tengah fenomena iklim El Nino.

"Berkat kerja keras para petani, pasokan di pasar-pasar dan persediaan beras di gudang-gudang kita tetap cukup untuk menghadapi bulan-bulan yang kering. Terima kasih untuk petani-petani Indonesia," kata Presiden Jokowi di akun Instagramnya dilansir dari Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, tengah menghadapi fenomena iklim El Nino yang berdampak pada ketersediaan air dan produktivitas pertanian.

Namun di tengah ancaman iklim tak biasa itu, pertanian Indonesia tetap produktif, kata Jokowi menambahkan.

Dalam keterangan Presiden Jokowi usai meninjau gudang beras di Perum Bulog dua pekan lalu dikatakan stok beras nasional di bulan ini mencapai total 2 juta ton.

Jumlah itu relatif lebih banyak daripada stok biasanya di kisaran 1,2 juta ton pada situasi normal.

Baca juga: Anggota DPR RI pastikan stok beras aman hingga akhir tahun 2023
Baca juga: Mendag pastikan stok beras untuk masyarakat cukup


Dalam postingan Hari Tani Nasional 2023 itu, Presiden Jokowi menyematkan gambar vektor yang menampilkan beragam ilustrasi aktivitas pertanian di Indonesia, mulai dari petani yang sedang memanen gabah dan buah, petani yang sedang memetik pucuk teh, petani yang sedang menggarap sawah, hingga pemanfaatan teknologi canggih dalam ekosistem pertanian.

Ilustrasi gambar tersebut juga menyematkan kalimat "Selamat Hari Tani Nasional".

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), sejarah Hari Tani Nasional bermula dari diterbitkannya Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) pada tanggal 24 September 1960.

Atas dasar itu, Hari Tani Nasional diperingati setiap tanggal 24 September. Tahun ini merupakan peringatan ke-63 tahun untuk mengingatkan masyarakat atas perjuangan para petani di Indonesia.

Baca juga: Hari tani dan kebangkitan petani milenial
Baca juga: Apresiasi jasa petani lewat beli produk lokal
Baca juga: Di Hari tani, Mentan ajak kepala daerah akselerasi pertanian modern

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023