Jakarta (ANTARA) -
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui The First OJK International Research Forum 2023 menggandeng peneliti, akademisi, hingga pelaku bisnis untuk memaksimalkan peran sektor keuangan mendukung pengurangan emisi karbon dan pengembangan kendaraan listrik.

Kepala OJK Institute Agus Sugiarto, saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut di Jakarta, Senin, menyampaikan forum itu menjadi wadah diskusi para peneliti, akademisi, dan pelaku bisnis dari dalam dan luar negeri untuk membuka cakrawala baru mengenai optimalisasi peran sektor keuangan menjaga bumi tetap hijau dan biru selamanya.

"Kita perlu berbagi pengetahuan dan informasi bagaimana mengurangi emisi karbon dan mengembangkan kendaraan listrik dari para peneliti, pelaku bisnis, dan akademisi. Kami berharap diskusi ini dapat memberikan kontribusi menjadikan planet kita tetap biru dan hijau selamanya," ujar Agus.

Berikutnya, ia menyampaikan bahwa forum penelitian tersebut mengangkat dua topik utama, yakni pengurangan karbon untuk menyelamatkan generasi berikutnya dan pengembangan kendaraan listrik untuk masa depan.

Agus menyampaikan, terdapat sekitar 250 peserta yang hadir secara langsung untuk mewakili berbagai institusi, seperti pemerintah dan perumus ataupun pengambil kebijakan. OJK juga secara khusus mengundang 20 dosen dari universitas di luar Jawa dan Bali untuk mengikuti forum tersebut.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa sektor keuangan memang memiliki peran dalam mengurangi emisi karbon dan mengembangkan kendaraan listrik untuk mencapai nol emisi karbon.

Oleh karena itu, Agus berharap forum penelitian internasional yang digagas OJK itu mampu memberikan hasil penelitian yang berharga di bidang sistem keuangan.

"Kami berkomitmen pula untuk terum menyelenggarakan forum penelitian internasional OJK secara berkala dan konsisten di masa mendatang," ujar dia.

Diketahui sektor keuangan memiliki posisi unik untuk mendorong pengembangan pasar karbon dan mendukung transisi menuju kendaraan listrik karena adanya keahlian dalam mobilisasi modal, manajemen risiko, dan menghasilkan produk inovatif, sektor keuangan.

Sektor keuangan dapat memainkan peran transformatif dalam mengarahkan investasi dan memfasilitasi infrastruktur serta mekanisme pembiayaan yang diperlukan untuk mempercepat penerapan teknologi rendah karbon.

Baca juga: OJK persiapkan sektor keuangan untuk penuhi komitmen hijau Indonesia

Baca juga: Luhut: Emisi karbon nol akan dicapai tanpa ganggu pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023