Sintang (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sintang, Kalimantan Barat, meningkatkan patroli malam dalam menjaga dan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menghadapi tahun politik menjelang pemilihan umum 2024.

"Kami optimalkan kekuatan personil dan menggelar patroli dalam skala besar untuk menjaga keamanan menjelang Pemilu," kata Kepala Polres Sintang, AKBP Dwi Prasetyo Wibowo, di Sintang, Selasa.

Disampaikan Dwi, patroli yang dilaksanakan pada malam hari bertujuan untuk meminimalisir dan upaya pencegahan dini tindak kejahatan yang dapat menganggu Kamtibmas.

Menurut dia, memasuki tahun politik perlu komitmen semua pihak dalam menjaga dan mewujudkan kamtibmas. "Personil kami sambil menyambangi warga dan memberikan edukasi dalam upaya pencegahan kejahatan," katanya.

Ia mengatakan, mereka juga telah membentuk Tim patroli sasaran balap liar (Tim Pasar Bali) untuk menertibkan kenakalan remaja yang melakukan balapan liar.

Dijelaskan dia, patroli yang dilakukan tersebut sebagai persiapan juga dalam pengamanan apabila sewaktu diperlukan pada Pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Sintang, Komisaris Polisi Aang Permana, menyampaikan sampai saat ini situasi dan kondisi di Kabupaten Sintang masih kondusif.

Meskipun demikian, upaya pencegahan dan antisipasi kemungkinan kejahatan yang menganggu Kamtibmas perlu dilakukan sedini mungkin dengan berbagai upaya.

"Kami harapkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas di Sintang, kita sama-sama ciptakan keamanan dan ketertiban apalagi saat ini memasuki tahun politik," pesan Permana.
 
Kepala Polres Sintang, AKBP Prasetyo Wibowo, memberikan arahan saat pelaksanaan patroli malam dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, di Sintang Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Humas Polres Sintang.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023