Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 13 September lalu, pemimpin industri global asal Singapura yang menyediakan solusi interaksi pelanggan omnichannel (omnichannel customer engagement) dengan dukungan kecerdasan buatan generatif (Generative-AI), meluncurkan 13 miliar parameter Large Language Model (LLM) yang dirancang khusus untuk Bahasa Indonesia. LLM bahasa Indonesia ini dilansir WIZ.AI setelah peluncuran 7B Foundation Model dan Enterprise LLM untuk domain spesifik di awal tahun ini. Langkah tersebut menjadi pencapaian penting di pasar Asia Tenggara yang kini mengadopsi Large Language Model-nya sendiri, serta meningkatkan perkembangan di sektor AI regional.
Peluncuran LLM bahasa Indonesia oleh WIZ.AI juga mendorong komunitas AI internasional agar lebih mengutamakan LLM untuk bahasa-bahasa lokal di Asia Tenggara. Lewat langkah ini, bahasa dan representasi budaya Asia semakin dikenal di kalangan LLM arus utama (mainstream LLM). "Kami sangat senang sekali dapat melansir Large Language Model regional yang pertama di Asia Tenggara. LLM ini menciptakan berbagai peluang bagi pelaku bisnis di kawasan tersebut. Kami juga menyambut baik dampak transformatif dari LLM tersebut," ujar Jennifer Zhang, CEO dan Salah Satu Pendiri WIZ.AI.

Sebagian besar LLM yang telah tersedia dilatih dengan data dan sumber materi dari dunia Barat. Di sisi lain, LLM WIZ.AI dilatih dengan 10 miliar token bahasa Indonesia. Metode ini menjaring nuansa linguistik dan konteks budaya di Indonesia sehingga mendatangkan hasil yang lebih relevan secara kontekstual.

Model LLM WIZ.AI mengungguli LLM dasar bahasa Indonesia lainnya dalam Hugging Face Open Leaderboard, tolak ukur penting dalam evaluasi LLM.

Penilaian awal atas kinerja LLM WIZ.AI juga menunjukkan hasil yang menjanjikan. Dibandingkan 13B LLM arus utama, misalnya, LLM WIZ.AI dapat melampaui kinerja 13B LLM bahasa Indonesia dalam seluruh metrik penting. Keunggulan kinerja LLM WIZ.AI terlihat jelas dari indikator Hellaswag (commonsense inference) sebesar 33%, disusul sejumlah indikator lain, yakni ARC (reasoning challenge) dan TruthfulQA sebesar 20%, serta MMLU sebesar 7%.

Dibandingkan 70B LLM arus utama, kinerja LLM WIZ.AI juga unggul dalam tiga metrik penting bahasa Indonesia dengan rata-rata 4%, termasuk ARC (reasoning challenge) , Hellaswag (commonsense inference), dan TruthfulQA.

Kinerja LLM WIZ.AI bahkan melampaui LLM arus utama di domain spesifik, seperti perbankan, keuangan, dan e-commerce. Ketika diminta untuk mencantumkan bank terbesar di Indonesia, LLM arus utama menyajikan daftar bank secara umum. Di sisi lain, LLM WIZ.AI memberikan jawaban yang tepat, serta mampu mencantumkan daftar bank terbesar dengan data terkini dan deskripsi lengkap.

Perbandingan Respons antara WIZ.AI LLM dan mainstream LLM


LLM WIZ.AI sepenuhnya dikembangkan di pasar lokal, serta dirancang untuk aplikasi berstandar korporasi. Lebih lagi, LLM WIZ.AI menawarkan fitur analisis data "berstandar korporasi" (enterprise-grade), serta respons cepat dan keamanan yang lebih baik. Setelah penyempurnaan dan optimasi, LLM WIZ.AI bekerja 2,5 kali lebih cepat seperti 13B LLM arus utama. Sementara, kinerja cepat ini tidak mengurangi aspek privasi dan keamanan. LLM WIZ.AI memiliki sistem keamanan berstandar korporasi yang melindungi informasi dan data sensitif. Sistem keamanan ini juga menjamin penggunaan data yang hanya dibatasi untuk pengembangan dan pemeliharaan LLM.

Kehadiran LLM bahasa Indonesia akan membuat bahasa Indonesia semakin dikenal. Saat ini, LLM bahasa Indonesia hanya tersedia untuk penggunaan komersial. Namun, WIZ.AI tengah merencanakan peluncuran versi terbuka (open-source) untuk publik. "Kami memimpin inisiatif ini guna mengembangkan ekosistem LLM yang dinamis. Dalam ekosistem tersebut, pemain utama AI, peneliti AI, dan penggemar AI akan bekerja sama mengembangkan inovasi LLM dan AI di Indonesia. Mereka juga akan memperkenalkan bahasa Indonesia dalam AI arus utama, serta meningkatkan pengaruh pasar Asia Tenggara di pasar global," kata Jennifer Zhang.

Dengan jangkauan luas di pasar Asia Tenggara, WIZ.AI selalu membuktikan komitmennya pada kawasan ini lewat inovasi dan ekspansi bisnis. Hingga kini, WIZ.AI telah menyediakan dan menerapkan solusi korporasi yang didukung AI bagi lebih dari 200 klien di Asia Tenggara, meliputi industri penting termasuk perbankan dan keuangan, asuransi, telekomunikasi, FMCG, dan E-commerce. Lebih lagi, WIZ.AI membantu klien menjawab tantangan dalam penggunaan dan penyediaan AI.

Ke depan, WIZ.AI ingin gencar melaksanakan strategi LLM dan memperluas jangkauan LLM dasar untuk bahasa-bahasa lain di Asia Tenggara. Bahkan LLM bahasa Thai telah memasuki fase pelatihan. Di sisi lain, WIZ.AI akan tetap menyempurnakan Enterprise LLM untuk domain spesifik agar memenuhi kebutuhan industri, serta mendorong inovasi AI regional lewat solusi LLM mutakhir yang berstandar korporasi, serta model dasar yang inovatif.

LLM WIZ.AI kini tersedia bagi klien perusahaan yang terpilih. Anda dapat mengajukan permohonan penggunaan LLM tersebut untuk dipertimbangkan dan disetujui oleh WIZ.AI: https://www.wiz.ai/llm-access-request/

Tentang WIZ.AI
WIZ.AI, pemimpin industri global asal Singapura yang menyediakan solusi interaksi pelanggan omnichannel (omnichannel customer engagement) dengan dukungan Gen-AI, membuat terobosan dalam komunikasi B2C. Terobosan ini hadir dalam solusi omnichannel customer engagement yang mutakhir dan sangat personal. Didukung ahli teknologi lokal, platform pintar WIZ.AI memfasilitasi lebih dari 100 juta interaksi pelanggan secara otomatis dalam setiap jam. Solusi WIZ.AI mewujudkan layanan pelanggan dan ROI bisnis terbaik. Dengan jangkauan internasional yang kian luas, WIZ.AI melayani lebih dari 200 klien di berbagai industri yang tersebar di 15 negara. Sebanyak 60% klien WIZ.AI berasal dari perusahaan yang tercantum dalam daftar "Fortune 500" dan usaha rintisan bervaluasi di atas $1 miliar (unicorn start-ups).

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023