Pembangunan infrastruktur BHC berupa jalan akses dari Siger Prak menuju Krakatau Park sudah selesai 100 persen. Untuk skywalk dan pathway saat ini progres pembangunannya 17 persen. Krakatau Park saat ini juga sudah menyediakan lahan parkir yang cukup
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) segera menghadirkan sejumlah fasilitas pendukung di area destinasi wisata Bakauheni Harbour City (BHC), Lampung Selatan, diantaranya jalan penghubung Siger Park dan Krakatau Park, area parkir, pathway, dan skywalk.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, dalam keterangan di Jakarta, Selasa, memaparkan BHC ditargetkan akan menjadi salah satu destinasi wisata waterfront dengan berbagai fasilitas untuk mendukung peningkatan ekonomi daerah sekaligus memberikan alternatif tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia.

“Pembangunan infrastruktur BHC berupa jalan akses dari Siger Prak menuju Krakatau Park sudah selesai 100 persen. Untuk skywalk dan pathway saat ini progres pembangunannya 17 persen. Krakatau Park saat ini juga sudah menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk mengakomodir jumlah pengunjung yang kemungkinan meningkat pada hari libur nasional,” kata Shelvy.

Lebih lanjut dia menjelaskan Siger Park mencakup beberapa bangunan seperti Selasar Siger dan Siger Market Mandiri dimana proses pembangunan telah mencapai 100 persen. Adapun renovasi Menara Siger tahap pertama telah selesai dan saat ini masuk ke tahap 2.

Kemudian, masih di satu lingkup yang sama, terdapat Masjid BSI yang telah beroperasi dan saat ini menjadi prasarana ibadah bagi masyarakat setempat dan wisatawan yang berkunjung di kawasan BHC.

BHC juga akan dilengkapi fasilitas Museum Siger dan Amphitheater Siger Park yang sedang dalam tahap pembangunan. Museum Siger yang rencananya akan berdampingan dengan Menara Siger, dibangun dengan standar internasional dan akan menjadi salah satu sarana untuk melindungi, mengembangkan, serta mengomunikasikan sejarah Siger dan kebudayaan Lampung.

Adapun Amphitheater Siger Park saat ini juga masih dalam proses pembangunan dan diperkirakan akan beroperasi pada awal tahun 2024. Dengan kapasitas hingga 1.500 orang, penyelenggara acara dapat melangsungkan konser dan aktivitas outdoor lainnya.

Menurut data ASDP, hingga Agustus 2023 tercatat total pengunjung Siger Park sebanyak 71.540 unit kendaraan dengan rincian 28.280 unit motor dan 43.260 unit mobil.

Jumlah unit kendaraan roda dua tertinggi ada pada April sebanyak 8.248 unit dan jumlah unit kendaraan roda empat tertinggi ada pada Juli sebanyak 10.225 unit.

“Antusiasme pengunjung tentunya menjadi semangat bagi ASDP untuk terus mempersembahkan yang terbaik. ASDP akan terus melakukan evaluasi secara berkala untuk melihat apa saja yang bisa kami tingkatkan menjadi lebih baik lagi,” ujar Shelvy.

Baca juga: PT ASDP melayani reservasi tiket daring di Pelabuhan Ujung dan Kamal

Baca juga: PT ASDP melayani penyeberangan perintis untuk hubungkan wilayah 3T

Baca juga: ASDP layani 23,1 juta penumpang dan 4,38 juta kendaraan di semester-I

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023