Penerbangan menuju Kuala Lumpur tersedia dengan frekuensi setiap hari.
Pekanbaru (ANTARA) - Manajemen Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru kembali menambah layanan penerbangan rute internasional tujuan Kuala Lumpur, seiring dengan mulai beroperasi penerbangan langsung maskapai Super Air Jet, Selasa.

"Penerbangan menuju Kuala Lumpur tersedia dengan frekuensi setiap hari, memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan untuk merencanakan perjalanan mereka. Penerbangan Super Air Jet menggunakan pesawat Airbus A320 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi," kata Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru Radityo Ari Purwoko, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan penerbangan perdana ini dimulai dengan nomor penerbangan IU 190 berangkat perdana dari Bandara SSK II Pekanbaru menuju Kuala Lumpur pada pukul 13.10 WIB, dengan membawa sebanyak 180 penumpang.

Penerbangan perdana tersebut, ditandai dengan prosesi pengalungan bunga kepada lima orang penumpang sebelum boarding.

"Kami menyambut baik bertambah penerbangan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru, karena akan berdampak pada konektivitas internasional dari dan ke Pekanbaru," katanya pula.

Selain itu, penerbangan perdana ini akan membuka pintu bagi lebih banyak peluang bisnis dan wisata antara kedua negara serta meningkatkan konektivitas global bagi Kota Kuala Lumpur.

Radityo menjelaskan setelah bertolak ke Kuala Lumpur, Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 191 kembali mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, dengan membawa 74 penumpang pada pukul 15.10 WIB, disambut oleh water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru.

"Pada kesempatan ini, seperti biasa dilakukan pemberian tanjak dan selempang kepada pilot, co pilot dan kru pesawat, Manajemen Bandara SSK II Pekanbaru, dan juga dari ASITA,” kata Radityo.

Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Riau Dede Firmansyah menyambut baik bertambahnya penerbangan ke Malaysia dengan penerbangan perdana Super Air Jet.

"Kami dari DPD ASITA Riau menyambut baik, karena berpeluang bertambahnya volume wisatawan mancanegara menuju Riau melalui Bandara SSK II Pekanbaru," kata Dede. 
Baca juga: Bandara Pekanbaru masih menerapkan protokol kesehatan
Baca juga: Bandara SKK II Pekanbaru layani penerbangan ke Bintan mulai 7 Juli

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023