Kapuas Hulu (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, mengingatkan agar kerja sama dan sinergi TNI dan Polri perlu terus ditingkatkan dalam rangka mengawal dan mengamankan Pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024.

"TNI dan Polri harus selalu kompak menghadapi Pemilu 2024 agar tercipta Pemilu dapat terselenggara dengan aman dan lancar," kata dia, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu.

Baca juga: Sebanyak 28.946 personel gabungan disiapkan amankan pemilu di Riau

Ia pun memastikan kesiapan dan kekompakan serta sinergisitas TNI dan Polri dengan berkunjung langsung ke Polres Kapuas Hulu.

Pemilu 2024 merupakan agenda nasional yang perlu pengawalan dan pengamanan secara bersama-sama untuk menghindari dan mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Baca juga: Komisi I DPR apresiasi kesiapan Kodam IV/Diponegoro amankan pemilu

Menurut dia, kerja sama TNI dan Polri mewujudkan situasi yang kondusif sangat penting untuk menghadapi tahun politik menuju Pemilu 2024. "Jaga kekompakan saling bekerjasama dalam menyelesaikan setiap persoalan di tengah masyarakat terutama pada tahun politik saat ini," katanya.

Ia menilai hubungan TNI dan Polri di Kalimantan Barat hingga saat ini terjalin dengan baik, selalu kompak dalam berbagai kegiatan di tengah masyarakat.

Ia berharap hubungan tersebut terus di pererat bergandengan tangan dengan semua pihak baik pemerintah maupun semua elemen masyarakat.

Baca juga: Heru harapkan kerja sama Kodam Jaya terus terjalin amankan Jakarta

Sementara itu, Kepala Polres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Pangdam Tanjungpura ke Polres Kapuas Hulu.

Jajaran kepolisian di wilayah Kapuas Hulu siap untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak terutama dengan jajaran TNI dalam melaksanakan tugas pengamanan terutama menghadapi Pemilu 2024.

Baca juga: KPU gandeng BSSN amankan Sipol menjelang Pemilu 2024

Baca juga: Polri nyatakan siap amankan tahapan Pemilu serentak 2024


"Suatu kehormatan bagi kami Bapak Pangdam berkunjung ke Polres Kapuas Hulu, kami akan selalu jaga kekompakan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023