Kereta api cepat, Presiden mungkin akan lakukan sotf launching 1 Oktober.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan “soft launching” atau peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung pada 1 Oktober 2023.

“Kereta api cepat, Presiden mungkin akan lakukan sotf launching 1 Oktober,” kata Luhut setelah rapat terbatas Integrasi Moda Transportasi Publik di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Setelah “soft launching”, kata Luhut, kereta cepat Jakarta-Bandung yang bernama “Whoosh” itu dapat digunakan oleh publik.

Baca juga: Jokowi: Kereta cepat Jakarta-Surabaya masih dalam studi

Sementara itu, harga tiket kereta cepat, Luhut mengatakan kemungkinan akan juga diumumkan pada 1 Oktober 2023.

Menurut Luhut, Presiden Jokowi akan memberikan diskon harga tiket kereta cepat dalam periode tertentu agar dapat digunakan masyarakat luas.

"Tadi baru dibicarakan akan memberikan diskon berapa lama dulu nanti bertahap. Jadi basically, Presiden itu ingin supaya semua kita bisa menikmati dengan harga yang bagus tapi ini juga jalan," kata Luhut.

Presiden Jokowi pada 13 September 2023  melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Presiden melakukan uji coba kereta cepat dengan titik awal perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, yang berakhir di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Hanya butuh waktu 28 menit untuk tiba di stasiun Padalarang dari Halim.

Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

Baca juga: Luhut: Moda transportasi Jabodebek terintegrasi dalam sebulan ke depan

Operator kereta cepat PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah membuka partisipasi masyarakat untuk mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Uji coba kereta cepat tahap dua bagi masyarakat akan dilakukan pada 25-30 September 2023. Dalam uji coba terbatas, KCIC melayani empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) Jakarta-Bandung, sehingga total terdapat 8 perjalanan yang beroperasi setiap hari.

Kereta cepat Jakarta-Bandung dapat melaju hingga 350 kilometer per jam sehingga waktu tempuh Jakarta-Bandung dapat dipangkas menjadi hanya sekitar 45 menit.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023