Batam (ANTARA) - Sekitar 570 peserta dari tiga negara mengikuti forum forum Indonesia- Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kemenko Perekonomian Netty Maharani di Batam, Rabu mengatakan forum IMT-GT melibatkan sekitar 10 stan UMKM asal Thailand, 14 stan UMKM asal Malaysia, serta puluhan stan UMKM asal Indonesia yang berada di kawasan Sumatera.

"Dan ini bertepatan dengan 30 tahun kerja sama IMT-GT, jadi pelaksanaan ini luar biasa. Kemudian akan ada 7 pertemuan nantinya, dan di puncaknya juga ada pertemuan tingkat menteri IMT-GT. Ini nanti semuanya akan berlangsung selama 4 hari ini," kata Netty.

Menurut dia, forum IMT-GT bertujuan untuk mempromosikan dunia UMKM serta menjadi wadah meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Baca juga: Airlangga: IMT-GT Expo 2023 jadi ajang promosi ekonomi kerakyatan

Selain itu, juga sebagai modal dasar dalam membangun integrasi sub kawasan yang bisa diperkuat dengan kerja sama 30 tahun IMT GT.

"Dalam 30 tahun IMT-Gt ini bahwa pertama memang kita ingin mempromosikan terus dunia usaha terutama UMKM kita, dimana mempromosikan marketing mereka, produk-produk mereka," ujar dia.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap animo peserta IMT-GT serta masyarakat Kepri, khususnya Kota Batam yang telah memeriahkan kegiatan pertemuan tiga negara tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyebutkan forum Indonesia- Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) merupakan upaya perluasan jejaring pasar UMKM di kawasan ASEAN.

Baca juga: Sumbar tawarkan potensi investasi dalam 20th IMT-GT 2023 

Ansar di Batam, Selasa menyampaikan dengan adanya pasar dagang (expo) dari forum IMT-GT juga menjadi salah satu wadah bagi pelaku UMKM untuk bertukar pengalaman serta mempelajari penampilan dari produk-produk negara tetangga tersebut.

"Kita menyambut baik ternyata begitu antusias peserta dari provinsi Sumatera, khususnya Kepri, kemudian beberapa wilayah di Malaysia dan Thailand dalam acara ini. Bagi kita ini penting sekali agar UMKM kita bisa bertukar pengalaman, bagaimana melihat performer produk-produk negara lain," kata Ansar.

Menurut dia, produk UMKM yang berasal dari Kepri tidak kalah saing dengan produk usaha dari Malaysia dan Thailand.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023