"Advokat muda ini sudah kita bentuk di 60 DPC, belum semua karena baru berdiri beberapa tahun lalu. Pengalaman kami selama di kepengurusan Peradi, jika tidak ada advokat muda, tidak ada nanti yang bisa menggantikan kita yang betul-betul mengetahui pr
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membentuk kepengurusan komite advokat muda 'Young Lawyers Committee' dengan melantik Wulan Windiarti sebagai ketua periode masa jabatan 2023-2028.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Peradi Otto Hasibuan mengatakan komite advokat muda baru berdiri di 60 DPC Peradi sehingga terus didorong melalui fasilitasi agar terbentuk di seluruh cabang sebagai wadah regenerasi bagi advokat muda.

"Advokat muda ini sudah kita bentuk di 60 DPC, belum semua karena baru berdiri beberapa tahun lalu. Pengalaman kami selama di kepengurusan Peradi, jika tidak ada advokat muda, tidak ada nanti yang bisa menggantikan kita yang betul-betul mengetahui program dari Peradi itu sendiri," kata Otto usai melantik YLC Cikarang, Kamis.

Otto meminta para pengurus komite advokat muda atau YLC DPC Peradi Cikarang yang telah dilantik ini untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas diri agar menjadi advokat berintegritas serta profesional.

"Ketika sudah dilatih ikut berorganisasi nanti ketika pengurus DPC atau DPN berakhir ada kemungkinan yang muda ini bisa muncul memimpin. Itu cita-cita kita supaya anak muda bisa berkontribusi dan terlibat di dalam Peradi ini," katanya.

Perwakilan fungsionaris YLC Pusat Adam S. Nasution menjelaskan pelantikan pengurus ini sebagai upaya peningkatan kualitas advokat muda dan fokus dari YLC sendiri adalah sebagai bentuk kaderisasi dari Peradi.

"Meningkatkan kualitas keilmuan advokat dari segi profesionalitas dalam berpraktik. Kemudian soal kaderisasi ini untuk mendukung keberlanjutan organisasi agar terus eksis dari masa ke masa. Jadi YLC adalah mesin untuk menyaring advokat muda yang ingin berkontribusi dan berpartisipasi dalam organisasi advokat," katanya.

Sementara itu, Ketua YLC Cikarang Wulan Windiarti menyatakan dirinya telah menyusun program kerja bagi advokat muda di daerah itu dalam bentuk mentoring.

"Saya pribadi punya program kerja mentoring, meminta Top Ten (10 teratas) advokat senior di DPC Peradi Cikarang dapat membagikan pengalaman dan pembelajaran tentang dunia advokasi kepada YLC Cikarang," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung pembentukan kepengurusan advokat muda Peradi Cabang Cikarang sekaligus berharap para pengurus yang dilantik mampu berkontribusi bagi daerah.

"Kalau pemerintah daerah sendiri tentu mendukung Peradi Cikarang yang tadi baru saja dilantik. Kita harapkan advokat-advokat ini bisa berkontribusi bagi Kabupaten Bekasi," kata Asisten Daerah 1 pada Setda Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti usai menghadiri pelantikan.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023