Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, menyebutkan cuaca hampir seluruh wilayah di Sultra cerah berawan pada Jumat.

"Potensi hujan yang diharapkan dapat membasahi areal padi sawah non-irigasi masih sulit hingga beberapa hari ke depan," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam pernyataan resmi yang diterima di Kendari, Jumat.

Baca juga: BMKG: Cuaca mayoritas kota besar berawan hingga cerah berawan

Hasil monitoring BMKG, kata dia, pada pagi, siang, dan sore hari wilayah Sultra umumnya cerah berawan, meskipun ada beberapa titik yang berawan tebal.

"Umumnya wilayah Sulawesi Tenggara cerah berawan," katanya.

Baca juga: BMKG memprakirakan DKI Jakarta cerah pada Jumat pagi

Menurut dia, ada beberapa titik tertentu berawan tipis seperti di bagian utara Konawe, Kolaka, dan Kolaka Utara.

BMKG Kendari juga menyebutkan gelombang sedang (1,25-2,5 meter) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Kepulauan Selayar dan perairan Sabalana. Begitu juga di perairan timur Kepulauan Selayar dan Laut Flores bagian timur. Sedangkan gelombang tinggi (2,5-4,0 meter) nihil.

Baca juga: BMKG: Warga pesisir waspadai gelombang tinggi 4 meter 27-29 September

Adapun suhu udara 22-35 derajat Celsius, kelembaban udara antara 40-95 persen dengan angin bertiup dari timur-selatan 40 kilometer per jam.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023