Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Jumat sore dan malam hari.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Budi Prasetyo, di Medan, Jumat, menyebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Jumat siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Toba, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, Dairi, Pakpak Bharat, Karo, Humbahang Hasundutan, Samosir dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Cuaca mayoritas kota besar berawan hingga cerah berawan

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Asahan, Labuhan Batu Utara, Dairi, Tanjung Balai, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16 – 33.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 – 98 persen. Angin berhembus dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar selalu waspada karena hujan yang terjadi dapat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor.

Baca juga: BMKG memprakirakan DKI Jakarta cerah pada Jumat pagi
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023