Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM, khususnya di Madura dan Banjarmasin, dua kantor pelayanan Bea Cukai, yakni Bea Cukai Madura dan Bea Cukai Banjarmasin bersama instansi lainnya di lingkup Kementerian Keuangan (Kemenkeu Satu) bersinergi berdayakan UMKM.

Di Madura, upaya pemberdayaan UMKM ditunjukkan melalui pelaksanaan sosialisasi yang digelar pada tanggal 20 September 2023 di Aula KPKNL Pamekasan. Dalam kegiatan tersebut, hadir 28 pelaku UMKM dari Pamekasan dan Sumenep, yang bergerak di bidang industri makanan, minuman, dan kerajinan tangan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar mengatakan Bea Cukai Madura bersama Kemenkeu Satu berkomitmen untuk mengoptimalkan pelayanan dan asistensi untuk para pelaku UMKM di Madura. "Agar naik kelas, UMKM harus lengkap legalitasnya dan berani memperluas pasar. Hal itu akan diikuti dengan semangat Kemenkeu Satu dalam memberikan pelayanan dan asistensi kepada para UMKM," ungkapnya.

Beberapa materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut di antaranya materi pemodalan untuk UMKM oleh perwakilan KPPN Pamekasan, pajak dan penguatan produk UMKM oleh perwakilan KPP Pamekasan, lelang online UMKM oleh perwakilan KPKNL Pamekasan, serta prosedur ekspor produk UMKM dan asistensi Klinik Ekspor oleh perwakilan Bea Cukai Madura.

"Diharapkan kegiatan pemberdayaan UMKM oleh Kemenkeu Satu ini dapat membantu UMKM untuk naik kelas dari sisi permodalan, penguatan produk, perluasan pasar hingga luar negeri, serta potensi mengenalkan produknya dalam lelang online," ujar Encep.

Keterlibatan serupa ditunjukkan Bea Cukai Banjarmasin dengan menghadiri penyelenggaraan Pekan Raya Banjarmasin 2023 bersama Kemenkeu Satu Kalimantan. Melalui acara yang berlangsung dari 21 s.d. 24 September 2023 di Kawasan Wisata Siring Menara Pandang, Kota Banjarmasin tersebut, Bea Cukai Banjarmasin dan Kemenkeu Satu Kalimantan siap mendukung UMKM yang ada di wilayah Kalimantan Selatan untuk selalu berkembang dan dapat melakukan ekspor produknya ke mancanegara.

"Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Banjarmasin ke-497, Bea Cukai Banjarmasin diundang oleh Kemenkeu Satu Kalimantan untuk ikut serta dalam Pekan Raya Banjarmasin 2023. Acara ini menampilkan barang dan produk unggulan UMKM binaan pemerintah, jasa layanan publik, pariwisata, dan ragam kuliner. Bea Cukai Banjarmasin pun memberikan layanan terbaik untuk UMKM bisa ekspor, bersama beberapa instansi lainnya di bawah Kemenkeu Satu Kalimantan Selatan, seperti Kantor Wilayah DJP Kalselteng, KPPN Kota Banjarmasin, dan KPKNL Kota Banjarmasin," imbuh Encep.

Ia berharap melalui sinergi Kemenkeu Satu dalam pemberdayaan UMKM, akan terwujud dukungan yang optimal untuk UMKM agar dapat tumbuh melalui digitalisasi dan globalisasi menuju Indonesia Maju. Hal ini sesuai dengan Program UMKM Kemenkeu Satu untuk tahun 2023 dan arah kebijakan nasional pemerintah untuk kemajuan UMKM.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023