Tahun lalu kita ulang tahun tagline-nya ekonomi biru, kegiatannya bersih-bersih laut. Sekarang pun tetap ada, karena ekonomi biru ini akan terus ada
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan sejumlah program berbasis ekonomi biru dalam rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan hingga akhir Oktober 2023.
 
Rangkaian program untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24 KKP ini, diluncurkan sejumlah program berbasis ekonomi biru, di antaranya Kampung Nelayan Maju (Kalaju), modelling (proyek percontohan) klaster budidaya nila salin, serta peluncuran Kapal Pengawas (KP) Orca 06 yang merupakan hibah dari Pemerintah Jepang.
 
"Tahun lalu kita ulang tahun tagline-nya ekonomi biru, kegiatannya bersih-bersih laut. Sekarang pun tetap ada, karena ekonomi biru ini akan terus ada sampai kapan pun," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Tugas Media dan Komunikasi Publik, KKP Doni Ismanto menambahkan, Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan yang baru pertama kali digelar ini, akan menjadi agenda tahunan karena telah disiapkan regulasi sebagai acuan pelaksanaannya.

Baca juga: Trenggono: 20 nano satelit meluncur 2024 petakan aktivitas di laut

Baca juga: KKP gandeng KAI hadirkan gerai produk perikanan di Stasiun Gambir
 
Rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan diramaikan melalui kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), aksi sosial donor darah, bazar UMKM produk kelautan dan perikanan, kampanye gemar ikan, hingga kegiatan bersama para penyuluh perikanan.

Selain itu, KKP menggelar kompetisi adu konsep dan gagasan untuk percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan nasional dengan membangun bursa ikan dunia. Kompetisi ini untuk merangsang lahirnya inovasi serta mendorong peningkatan kinerja para pegawai KKP.
 
Selain pegawai dan masyarakat kelautan perikanan, kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan juga menyasar para jurnalis melalui Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) yang ditujukan kepada jurnalis media daring, cetak, foto dan televisi.
 
Ada juga lomba konten edukasi sektor kelautan dan perikanan di media sosial yang terbuka untuk masyarakat umum.
 
"Semangatnya adalah semangat kebersamaan, tentunya kebersamaan dalam kebaikan dan produktivitas," pungkasnya.

Baca juga: KKP kembangkan desa perikanan cerdas melalui intervensi teknologi

Baca juga: KKP berikan sejumlah dukungan untuk pengembangan korporasi nelayan

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023