Jakarta (ANTARA) - Ratusan perwakilan pemuda Indonesia dari kalangan media, akademi, wadah pemikir, dan lembaga lainnya mengikuti upacara perayaan Festival Kue Bulan yang tahun ini jatuh pada 29 September di Kedutaan Besar China untuk Indonesia.

Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang dalam pidatonya pada Rabu (27/9) menyatakan dengan dipimpin oleh kepala negara China dan Indonesia, hubungan kedua negara berada di titik tertinggi dalam sejarahnya dan terus berkembang.

Kedubes China menyambut hangat dan berterima kasih atas kedatangan para pemuda Indonesia untuk menghayati kebudayaan China, mengingat masa depan hubungan kedua bangsa itu berakar di tengah masyarakat dan ada di tangan para pemuda.

Pada upacara itu, sejumlah artis Tionghoa menampilkan kebudayaan China dan para diplomat di Kedubes China menyuguhkan pertunjukan tarian tradisional, serta anak-anak menyanyikan lagu-lagu China yang merdu.

Para peserta dari Indonesia mengikuti acara tersebut dengan gembira, dan menjajal membuat kue bulan, serta mencoba busana tradisional China, Hanfu, dan belajar menulis kaligrafi China.

Sejumlah perwakilan juga mengucapkan selamat hari raya kepada rakyat China dan menyampaikan harapan terindah mereka demi hubungan kedua negara yang lebih baik.

Menurut para peserta dari Indonesia, mengikuti acara seperti ini tentunya membuat mereka menyukai kebudayaan China dan mereka berkeinginan mengenal China.

Hal itu juga mendorong mereka menceritakan China kepada orang-orang di sekitar, dan juga menjalin pertemanan dengan muda mudi China, serta mendorong hubungan persahabatan kedua negara agar terus maju.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023