Harapan kami membaca dapat diikuti masyarakat seluruh usia
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggencarkan budaya gemar membaca bagi warganya  melalui ajang "Baca Jakarta 2023 Triwulan III".
 
"'Baca Jakarta Triwulan III' dilaksanakan pada pertengahan September dengan tema bacaan 'Cita-Cita'. Harapan kami membaca dapat diikuti masyarakat seluruh usia seperti triwulan sebelumnya," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Firmansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.
 
Tantangan Baca Jakarta kembali hadir pada triwulan III, setelah sukses dilaksanakan pada triwulan I dan II, dengan melibatkan masyarakat dari berbagai usia.
 
Firmansyah menjelaskan buklet (buku kecil) digital  berfungsi sebagai selebaran yang menjadi instrumen utama dalam pelaksanaan "Baca Jakarta" terus dikembangkan, sehingga kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan "Baca Jakarta" sebelumnya tidak terjadi lagi.
 
"Peserta yang berhasil mengisi buklet secara penuh berkesempatan untuk mendapatkan tas hadiah (goodie bag) berisi barang-barang menarik yang telah disiapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta," jelas Firmansyah.
 
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta menggandeng berbagai pihak, yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan pihak swasta untuk turut menyukseskan gelaran Baca Jakarta kali ini.
 
Semakin banyak peserta yang mengikuti Baca Jakarta, kata Firmansyah diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca dan kemampuan menulis masyarakat, menumbuhkan budaya gemar membaca dan membangun kultur literasi sejak dini, serta membangun kegiatan membaca menjadi suatu gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat.
 
Selain itu, Baca Jakarta diharapkan juga dapat mendukung Kota Jakarta sebagai Kota Literatur Dunia. Adapun masyarakat yang tertarik untuk mengikuti kegiatan Baca Jakarta langsung dapat mendaftarkan diri di laman resmi Perpustakaan Jakarta melalui tautan  https://perpustakaan.jakarta.go.id/.
 
Sebelumnya, DKI Jakarta menghadirkan tantangan Baca Jakarta pada triwulan I pada 4 Februari 2023. Lalu, kembali hadir "Baca Jakarta" pada triwulan II pada Mei 2023.
Baca juga: Jakbar tanamkan budaya literasi kepada anak sekolah lewat "Hanjaba"  
Baca juga: Konser Baca Jakarta dukung DKI menjadi kota literasi
Baca juga: Ibu dan anak bisa manfaatkan fasilitas baca buku Pemkot Jakbar

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023