Sejumlah berita ekonomi mewarnai pemberitaan Jumat (29/9)...
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi mewarnai pemberitaan Jumat (29/9), mulai dari realisasi anggaran untuk Ibu Kota Negara (IKN) tahun 2023 hingga ekspor produk perhiasan.

Berikut berita selengkapnya:

1. Kemenkeu: Realisasi anggaran pembangunan IKN 2023 capai 21,8 persen

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi anggaran pembangunan klaster infrastruktur dan non infrastruktur pada Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun 2023 mencapai 21,8 persen atau Rp6,4 triliun dari total pagu sebanyak Rp29,4 triliun.

"Belanja proyek strategis nasional IKN sampai dengan 31 Agustus 2023 sudah terealisasi 21,8 persen," kata Direktur Sistem Perbendaharaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu Ludiro saat konferensi pers di Manokwari, Papua Barat, Jumat.

2. Trenggono: 20 nano satelit meluncur 2024 petakan aktivitas di laut

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan sebanyak 20 nano satelit diluncurkan dan beroperasi mulai 2024 untuk memetakan kondisi dan aktivitas di laut.

"Sejumlah 20 nano satelit akan diluncurkan dan mulai dioperasionalkan pada tahun 2024. Kerja sama dengan Starlink akan dilakukan untuk membantu kapal-kapal perikanan mengirimkan data secara online dengan menggunakan aplikasi e-PIT (Penangkapan Ikan Terukur Elektronik)," kata Sakti Wahyu Trenggono dalam seminar nasional kemaritiman dalam rangka Hari Maritim Nasional yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat.

3. LPS: Tabungan di bawah Rp100 juta tumbuh 3,83 persen pada Agustus

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menyebut pergerakan ekonomi saat ini mampu mendongkrak tabungan di bawah Rp100 juta, yakni tumbuh 3,83 persen pada Agustus 2023.

Sebelumnya, pertumbuhan tabungan di bawah Rp100 juta berada pada level minus 0,85 persen pada April 2023, 3,39 persen pada Mei, 3,75 persen pada Juni, 3,1 persen pada Juli, dan 3,83 persen pada Agustus.

4. Jalan Tol Serpong-Cinere ditargetkan beroperasi dalam waktu dekat

Jalan Tol Serpong-Cinere ditargetkan beroperasi sepenuhnya dalam waktu dekat untuk meningkatkan konektivitas di kawasan Jabodetabek.

"Dengan tersambungnya Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km ini, maka semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta. Terutama, ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini juga telah rampung.," ujar Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani di Jakarta, Jumat.

5. Kemenperin sebut ekspor produk perhiasan capai 3,1 miliar dolar

Kementerian Perindustrian menyebutkan produk perhiasan dan barang berharga dalam negeri sudah mampu bersaing di kancah global dengan nilai ekspor pada periode Januari-Juli 2023 mencapai 3,1 miliar dolar AS.

Adapun neraca perdagangan untuk komoditas tersebut juga tercatat surplus tiga miliar dolar AS.

"Negara utama tujuan ekspor perhiasan dari Indonesia antara lain Singapura, Amerika Serikat, Swiss, Yordania, dan Uni Emirat Arab," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023