Jakarta (ANTARA) - Persebaya Surabaya meraih satu poin dari kandang Dewa United seusai bermain imbang 1-1 pada pekan ke-14 Liga 1 Indonesia di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu.

Tercatat Persebaya harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-37, namun skuad asuhan Josep Gombau tersebut dapat memaksakan hasil imbang, demikian catatan Liga Indonesia.

Pada pertandingan tersebut Persebaya sempat unggul terlebih dahulu melalui Ripal Wahyudi, namun Dewa United dapat menyamakan kedudukan berkat Majed Osman.

Hasil itu membuat Persebaya masih tertahan pada posisi kelima klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 22 poin dari 14 pertandingan, sedangkan Dewa United menempati peringkat sembilan dengan 18 poin.

Baca juga: Josep Gombau minta Persebaya Surabaya waspadai kekuatan Dewa United

Secara statistik Dewa United sedikit lebih unggul dibanding Persebaya dengan mencatatkan 59 persen penguasaan bola serta melepaskan 11 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Ketika pertandingan dimulai kedua tim bermain terbuka dan saling melakukan tekanan, namun hingga 15 menit pertama belum ada peluang yang membahayakan.

Tim tamu sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-17 melalui gol yang dicetak oleh Ripal yang memanfaatkan kesalahan bek Dewa United Risto Mitrevski sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Dewa United hampir langsung menyamakan kedudukan andai umpan tarik dari Majed dapat disambut oleh tendangan Dimitrios Kolovos.

Sejak menit ke-37 Persebaya Surabaya harus bermain dengan 10 orang setelah bek sayap Catur Pamungkas diberikan kartu merah langsung oleh wasit akibat melakukan pelanggaran keras.

Baca juga: Dewa United usung misi bangkit ketika jamu Persebaya Surabaya

Dewa United berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan menyamakan kedudukan pada waktu tambahan babak pertama melalui sundulan Majed yang memanfaatkan umpan sepak pojok Ahmad Nufiandani, sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua, kedua tim tetap bermain terbuka dan Dewa United lebih percaya diri untuk mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu karena unggul jumlah pemain.

Sementara itu, Persebaya lebih bermain sabar dan sesekali memanfaatkan skema serangan balik dan situasi bola mati.

Skuad asuhan Jan Olde Riekerink sempat memberikan beberapa ancaman melalui tendangan Alex Martins, Dimitrios Kolovos, dan Majed Osman. Namun hingga pertandingan usai skor 1-1 tetap bertahan.

Selanjutnya pada pekan ke-15 Liga 1 Indonesia, Persebaya akan menjamu Persib Bandung, Sabtu (7/10). Sedangkan Dewa United menghadapi PSS Sleman, sehari sebelumnya.

Baca juga: Arema tundukkan PSS Sleman 2-1
Baca juga: Pelatih Persik ingatkan pemain tak buat kesalahan hadapi Bhayangkara

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023