Hangzhou (ANTARA) - Lifter Ricko Saputra dan Eko Yuli Irawan menjadi tumpuan tim angkat besi Indonesia pada Asian Games Hangzhou ketika keduanya tampil di kelas 61kg dan 67kg di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Minggu.

Pelatih tim angkat besi Indonesia Muhammad Rusli kepada ANTARA mengungkapkan bahwa China akan menjadi lawan yang patut di antisipasi kedua lifter Merah Putih itu.

Di kelas 61kg, Ricko mendapati dua lifter tuan rumah Hongjie Ding dan Li Fabin yang keduanya memiliki total angkatan 310kg.

Baca juga: Eko Yuli raih dua perak di Kejuaraan Dunia IWF 2023

Ricko yang meraih emas IWF Grand Prix di Havana, Kuba 2023 pada kelas 61kg sejauh ini memiliki catatan total angkatan 298kg yang ia bukukan di kejuaraan Asia 2023, demikian catatan IWF.

"Ricko tetap ada kans medali... Saingan terberat masih China," kata Rusli.

Baca juga: Eko Yuli pertajam tiga rekornas di Kejurnas Angkat Besi Senior 2023

Ricko akan tampil mulai pukul 14.00 WIB, sementara, Eko Yuli, yang biasa tampil di kelas 61kg bakal naik ke kelas 67kg dan mulai bertanding pukul 18.00 WIB.

Pemegang medali emas Asian Games 2018 kelas 62kg itu akan dihadang lifter China Lijun Chen yang memiliki catatan terbaik angkatan total 335kg. Wakil-wakil Kazakhstan, Uzbekistan dan Korea juga bakal meramaikan persaingan kelas 67kg.

"Eko aslinya bermain di 61kg, tapi di Asian Games ini karena ada sesuatu hal yang belum siap dia mainnya di 67kg," kata Rusli.

Baca juga: Pelatih ungkap "kejutan Korut" dan alasan Cantika naik kelas 55kg

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023